GERAK MULTILATERAL MELALUI PERMAINAN BOLA BESAR UNTUK ANAK SD KELAS BAWAH

Authors

  • Kadek Ary Wibawa
  • FX. Sugiyanto Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6244

Keywords:

model, pembelajaran, gerak multilateral, permainan, bola besar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran gerak multilateral yang dibentuk melalui permainan bola besar, serta dikembangkan menjadi panduan guru olahraga dan pembelajaran dengan konsep permainan. Penelitian ini dikembangkan dengan mengadaptasi penelitian dan pengembangan pendidikan model Gall, Gall, & Borg. Uji coba dengan skala kecil dilakukan terhadap 24 orang siswa di SD Mutiara Singaraja dan 85 orang siswa pada skala besar di SDN 1 dan SDN 3 Singaraja. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket skala nilai validasi, pedoman observasi model pembelajaran permainan, dan pedoman observasi keefektifan model pembelajaran permainan. Hasil penelitian berupa pengembangan model pembelajaran gerak multilateral melalui permainan bola besar yang terdiri atas sembilan permainan, yaitu: (1) Berburu Bebek, (2) Bola Pertemanan, (3) Bola Zig-Zag Berlari, (4) Mengambil Mutiara, (5) Bola Berguling, (6) Bola Tembak, (7) Bola Raja, (8) Bola Gawang, dan (9) Bola Tepuk. Pengembangan model pembelajaran gerak multilateral disusun  dalam buku pedoman pembelajaran dan CD dengan judul "Bola Multi Gerak".

Kata kunci: model, pembelajaran, gerak multilateral, permainan, bola besar

MULTILATERAL TEACHING MOTION MODEL DEVELOPMENT THROUGH THE BIG BALL GAME FOR LOWER GRADE ELEMENTARY KIDS

Abstract

This study aims to produce a model of motion teaching multilateral form through big ball game. This study was developed by adapting the research and development of educational models Gall, Gall, & Borg. Small-scale trials were carried out on 24 students from SD Mutiara Singaraja. Big-scale trials were carried out on 85 students from SDN 1 and SDN 3 Singaraja. The instrument used to collect the data was a questionnaire rating scale validation, the model observation teaching game, and the observation model of the effectiveness of teaching games. The results of the study is the development of multilateral exercise motion model through the big ball game that consists of 9 games, namely: (1) Duck Hunting, (2) Friendship Ball, (3) Zig-Zag Running Ball, (4) Taking Pearl, (5) Rolling Ball, (6) Shoot Ball, (7) The King of Ball, (8) Goal Ball, and (9) Pat Ball. Multilateral teaching motion model development was compiled in teaching manuals and a CD with the title "Multi Ball Motion".

Keywords: models, teaching, game, big ball

Author Biography

Kadek Ary Wibawa

lahir di Singaraja-Bali pada tanggal 23 Januari 1989. Anak ke dua dari empat bersaudara (Putu Eka Sumarsana, Komang Suli Astrini, dan Ketut Widiada) adalah penggemar kegiatan olahraga, khususnya cabang olahraga bola besar seperti bola basket dan bola tangan atau disebut juga handball. Penulis berkesempatan memperkuat team bola tangan Indonesia di ajang Asian Beach Game tahun 2008 dan 2010 di Sanur Bali dan di Muscat Oman serta beberapa kompetisi-kompetisi internasional di Negara-negara Asia tenggara lainnya, dan untuk cabang bola basket penulis pernah menjadi Most Valuable Player (MVP) di beberapa kompetisi bola basket yang ada di Provinsi Bali, baik itu pada saat berstatuskan sebagai pelajar SMA sampai menjadi mahasiswa, sampai sekarang penulis masih berstatuskan sebagai atlet serta pelatih, sekaligus terdaftar sebagai pengurus ABTI di KONI pusat Jakarta (Asosiasi Bola Tangan Indonesia) dan sebagai pengurus ABTI KONI Provinsi Bali. Penulis menyelesaikan S-1 Jurusan Pendidikan Jasmaini Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK), Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA). Pendidikan S-2 ditempuh di PPs UNY dengan Program studi Ilmu Keolahragaan Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

 

References

Azwar, S. (2004). Skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, B. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Rajawali Pres.

Clark, W. (2008). Kids' sport. Component of Statistic Canada catalogue no. 11-008-X candian social trends. Diakses pada tanggal 21 Mei 2014.

Gall, Gall, & Borg. (2007). Education research, (8rd ed.). New York: Longman Inc.

Griffiths, L. J., et.al, (2010). Association between sport and screen-entertainment with mental health problems 5-year-old children. International Journal of Behavioral Nutrition and Activity. Diakses pada tanggal 21 mei 2014.

Latif, M., et.al, (2013) Orientasi baru pendidikan anak usia dini teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Lumintuarso, R. (2013). Pembinaan multilateral bagi atlet pemula. Yogyakarta: UNY Press.

Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Payne, V.G., & Issac, L.D. (2012). Human motor development. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Sarosa, S. (2012). Penelitian kualitatif dasar-dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidik-an. pendekatan kualitatif, uantatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto. (2005). Metodologi melatih fisik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2015-10-28

How to Cite

Wibawa, K. A., & Sugiyanto, F. (2015). GERAK MULTILATERAL MELALUI PERMAINAN BOLA BESAR UNTUK ANAK SD KELAS BAWAH. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 194–207. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6244

Issue

Section

Articles