Hubungan prestasi belajar siswa kelas khusus olahraga dengan kecerdasan emosional

Andy Ardian, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sugeng Purwanto, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Deden Saepul Alfarisi, Infrastucture University Kuala Lumpur, Malaysia

Abstract


Kelas khusus olahraga adalah kelas yang dikuhuskan untuk mengembangkan prestasi olahraga tanpa mengesampingkan prestasi belajar. Prestasi belajar merupakan pencapaian hasil dari pembelajaran yang telah dilalui. Namun sampai saat ini belum adanya hasil penelitian yang mengungkapkan mengenai faktor yang mendorong prestasi belajar siswa khususnya kelas olahraga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas khusus olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasi. Sampel pada penelitian ini adalah 40 siswa kelas khusus olaharga di SMAN 1 Ciparay. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket serta dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dihitung dengan bantuan microsoft excel 2007. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengarauh dan hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas khusus olaharaga.

 

The relationship of learning achievement special students with emotional intelligence

 

Abstract

Special sports class classes are classes that are taught to develop sporting achievements without compromising learning achievement. Learning achievement is the result of learning that has been passed. Until now there has been no research results that reveal about the factors that drive learning achievement specially for sport class. The purpose of this study was to study whether there is a relationship between emotional intelligence on student achievement in sports class. This research is a quantitative research with descriptive research. The sample in this study was 40 students of special sports class at SMAN 1 Ciparay. The instrument used in this study was a questionnaire. Analysis of the data in this study was calculated with the help of Microsoft Excel 2007. The results of this study indicate that there is a significant influence and positive relationship between emotional intelligence on learning outcomes of students in special sports classes.


Keywords


kecerdasan emosional; kelas khusus olaharga; prestasi belajar; Emotional Intelligence; Special Class Sports; Learning Achievement

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Agustina, T., Restuati, M., & Asphani, F. (2017). Hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi sistem saraf di SMA Asy-Syafi’iyah Medan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpms/article/view/9002

Almubarak, A. (2016). Analisis hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar kimia prodi pendidikan kimia FKIP ULM. Seminar Nasional Pendidikan Kimia Peran STeM (Science, Technology, and Mathematics), 233–246. http://eprints.ulm.ac.id/2580/

Andiri, L., Jajat, & Sultoni, K. (2017). Hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi akademik mahasiswa olahraga. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 2(2), 137. https://doi.org/10.17509/jtikor.v2i2.8063

Chubba, D. (2007). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Wachid Hasyim Surabaya [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/8596/

Dartija, D. (2014). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pendidikan jasmani siswa SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Penjaskesrek Journal, 1(1). https://penjaskesrek.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=3

Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243–255. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3475

Farhan, M., & Alfin, E. (2019). The effect of emotional intelligence and self effycacy towards students achievement. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(1), 37–46. https://doi.org/10.25273/jipm.v8i1.4669

Fitriyah, H. (2011). Pelaksanaan program kelas akselerasi di SMP Negeri 1 Sragen tahun 2009-2010. Universitas Sebelas Maret.

Goffreda, C. T., Diperna, J. C., & Pedersen, J. A. (2009). Preventive screening for early readers: Predictive validity of the Dynamic Indicators of Basic Early Literacy Skills (DIBELS). Revista de Educacion, 46(6), 539–552. https://doi.org/10.1002/pits.20396

Hadiwijaya, H. (2017). Effect of emotional intelligence on student learning achievement. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 7(1). https://doi.org/10.24127/gdn.v7i1.663

Hartika, N., & Mariana, F. (2019). Pengaruh keaktifan belajar & kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa (Studi pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Banten Jaya). PROGRESS Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 57–71. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/progress/article/view/490

Hartini, T., & Yasin, M. F. (2019). Hubungan antara program layanan bimbingan konseling dan kecerdasan emosional dengan prestasi hasil belajar sejarah kelas XI SMA Bekasi. Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 71–83. https://doi.org/10.34005/akademika.v8i01.334

Irmawati, I., Tayeb, T., & Idris, R. (2016). Hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari jenis kelamin pada jurusan pendidikan matematika UIN Alauddin Makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(2), 156–170. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a1

Kaviani, S., & Saadatmand, Z. (2018). The effectiveness of cooperative teaching method in mental health subject on the dimensions of emotional intelligence and academic achievement. International Journal of Educational and Psychological Researches, 4(1), 6–11. https://doi.org/10.4103/jepr.jepr_77_16

Koc, S. E. (2019). The relationship between emotional intelligence, self-directed learning readiness and achievement. International Online Journal of Education and Teaching, 6(3), 672–688.

Kusnaedi, R. (2018). Tingkat aktivitas jasmani terhadap kecerdasan emosional pada remaja di SMA Muhammadiyah 1 Semarang [Universitas Muhammadiyah Semarang]. http://repository.unimus.ac.id/2057/

Laumara, I., Humaedi, H., & Abduh, I. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa di MTsN Al-Ikhlas Kilo. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 6(1), 15–21. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/11083

Luan, J. J. S. A., & Blegur, J. (2018). Potret kecerdasan emosional mahasiswa pada perkuliahan seminar pendidikan jasmani. Sebatik, 23(1), 195–202. https://www.jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/469

Mahendra, A. (2010). Artikel pokok-pokok pikiran manajemen kelas olahraga. Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Nanda, F. A., & Dimyati, D. (2019). Psychological skills of Indonesian basketball athletes in Asian Games 18. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.15294/active.v8i1.28823

Narwoto, N., & Soeharto, S. (2013). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar teori kejuruan siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1603

Nazidizaji, S., Tomé, A., & Regateiro, F. (2014). Search for design intelligence: A field study on the role of emotional intelligence in architectural design studios. Frontiers of Architectural Research, 3(4), 413–423. https://doi.org/10.1016/j.foar.2014.08.005

Nurkholis, N. (2009). Meningkatkan kecerdasan emosi dan inteligensi siswa melalui peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 112–118. https://doi.org/10.17977/jip.v16i2.2563

Prasetiyo, R., Puspitaningsari, M., & Sinthyawati, N. N. (2018). Perbedaan kecerdasan emosional antara mahasiswa aktif dalam ukm olahraga dengan mahasiswa yang tidak mengikuti UKM olahraga (Studi pada Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan STKIP PGRI Jombang). Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 6(2), 49–58. https://doi.org/10.32682/bravos.v3i1.257

Pujiatmojo, S. (2012). Bagaimana konsep kelas akselerasi berjalan. Rajutan Inspirasi. http://sigitpujiatmojo.blogspot.com/2012/02/bagaimana-konsep-kelas-akselerasi.html

Purnama, I. M. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 233–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.995

Purnamasari, A. D., Nurseto, F., & Tarigan, H. (2013). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar keterampilan dasar sepakbola siswa. JUPE (Jurnal Penjaskesrek), 1(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/1255

Putro, S. A. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional dan fasilitas pembelajaran terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan ekonomi UNS. Universitas Sebelas Maret.

Ranjbar, H., Khademi, S. H., & Areshtanab, H. N. (2017). The relation between academic achievement & emotional intelligence in Iranian students: A meta-Analysis. Acta Facultatis Medicae Naissensis, 34(1), 65–76. https://doi.org/10.1515/afmnai-2017-0008

Retnowati, D. R., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2016). Prestasi akademik dan motivasi berprestasi mahasiswa S1 pendidikan geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 521–525. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6181

Rohmah, N. (2018). Integrasi kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) dalam meningkatkan etos kerja. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 77–102. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3525

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Kansai Pekanbaru. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980

Shuib, N. H., Ishak, N. M., Amat, S., & Ahmad, I. (2018). Emotional intelligence and academic achievement of primary school students in Malaysia. Social Science and Humanities Journal, 2(9), 594–601. http://sshj.in/index.php/sshj/article/view/228

Tridhonanto, A. (2010). Meraih sukses dengan kecerdasan emosional. Elex Media Komputindo.

Yuliantini, T. (2013). Pengaruh kecerdasan emosi (EQ) dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Akparnas-UNAS Jakarta. Jurnal MIX, III(1), 58–71.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.28103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Keolahragaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Keolahragaan is indexed by:

             


Creative Commons License
Jurnal Keolahragaan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved p-ISSN: 2339-0662 | e-ISSN: 2461-0259

View My Stats