Development of digital learning media based on the GlideApps website on geography subjects endogenous power material
Alfi Sahrina, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Dwiyono Hari Utomo, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Ifan Deffinika, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, B. N., Sutiadiningsih, A., Astuti, N., & Bahar, A. (2022). Pengembangan e-modul berbasis Glideapps pada materi pemilihan dan pemotongan daging bagi siswa kelas X SMK. Jurnal Tata Boga, 11(2), 155–163. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/49253
Akbar, S., & Holid, A. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Ali, M., & Asrori, M. (2014). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik. Bumi Aksara.
Amin, M. (2014). Geologi dasar kelas X semester 1. Repositori Kemdikbudi. https://repositori.kemdikbud.go.id/9769/
Aprilia, C., Anggereini, E., Nazarudin, N., & Ahda, Y. (2023). The development of web-based learning media (Glideapps) to improve digital literacy and science literacy about materials human digestive systems. JPPIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1112–1117. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2618
Arsad, A., & Rahman, A. (2017). Media pembelajaran. Rajawali Pers.
Arywiantari, D., Agung, A. A. G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan multimedia interaktif model 4D pada pembelajaran IPA dI SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5611
Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis antusiasme siswa dalam evaluasi belajar menggunakan platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17
Aziz, A. L., Musadieq, M. Al, & Susilo, H. (2013). Pengaruh kemudahan penggunaan terhadap kemanfaatan pada sikap pengguna e-learning. JAB: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 1–7. https://media.neliti.com/media/publications/78252-ID-pengaruh-kemudahan-penggunaan-terhadap-k.pdf
Cholid, A. A., Elmunsyah, H., & Patmanthara, S. (2016). Pengembangan model web based learning pada mata pelajaran jaringan dasar paket keahlian TKJ pada SMKN Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(5), 961–970. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6333
Efriyanti, L., & Annas, F. (2020). Aplikasi Mobile learning sebagai sarana pembelajaran abad 21 pada era revolusi industri 4.0. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 5(1), 28–40. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.3132
Höffler, T. N., & Leutner, D. (2007). Instructional animation versus static pictures: A meta-analysis. Learning and Instruction, 17(6), 722–738. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2007.09.013
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003, 1 (2003). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Kurniawan, D. A., Darmaji, Astalini, & Husna, S. M. (2023). A study of critical thinking skills, science process skills and digital literacy: Reviewed based on the gender. JPPIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 1741–1752. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.1644
Kurniawati, D., Sari, Y. I., & Efendi, A. (2019). Pengembangan LKS berbasis learning cycle 5E pada materi litosfer. Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 4(2), 70–79. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v4i2.3135
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075
Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire pada materi jurnal penyesuaian untuk siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(1), 97–111. https://doi.org/10.21831/jpai.v17i1.26515
Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173
Mardiana, T., & Purnanto, A. W. (2017). Google Form sebagai alternatif pembuatan latihan soal evaluasi. The 6th University Research Colloquium 2017: Seri Pengabdian Kepada Masyarakat, 183–188. https://web.archive.org/web/20180413114310/http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/download/1582/701/.
Maydiantoro, A. (2021). Research model development: Brief literature review. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 1(2), 29–35. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPPPI/article/view/22164
Minan, D. A., & Ekohariadi, E. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis Mobile Glideapps pada mata pelajaran kejuruan Kelas X DKV SMK Negeri 1 Cerme Gresik. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 7(1), 36–45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/49048
Nisa, E. M., Bahar, A., Purwidiani, N., & Romadhoni, I. F. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada kompetensi dasar personal hygiene di SMK Negeri 2 Ponorogo. Jurnal Tata Boga, 11(2), 89–97. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47926
Nor, A. M. M. (2021). Pembangunan aplikasi penilaian projek akhir menggunakan “Google Sheet” dan 'Glide Apps". IJMOE: Journal of Modern Education, 3(8), 71–90. https://doi.org/10.35631/IJMOE.38007
Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis Mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414
Rahmawati, A. I. N., Ariffudin, I., Latifah, L., & Soejanto, L. T. (2020). “Say no to coding”: Designing of Mobile-app-based learning media using Glide apps. 2nd Annual Conference of Science and Technology (ANCOSET 2020), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012079
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Alfabeta.
Sukandarrumidi, Purnawati, D. I., Miftahussalam, Rakhman, A. N., & Maulana, F. W. (2019). Geologi umum bagian kedua. UGM Press.
Sulaiman, J. M. (2020). Pengaruh media belajar Smartphone terhadap belajar siswa di era pandemi covid-19. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal, 2(2), 94–106. https://doi.org/10.22437/ideal.v2i2.10465
Sunami, M. A., & Aslam. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis Zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Syafiudin, M., Sumarmi, & Astina, I. K. (2016). Pengembangan modul geografi pariwisata dengan project based learning untuk materi ekowisata pesisir dan laut di Program Studi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 347—353. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6160
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Sommel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Council for Exceptional Children. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf
Viola, N. E., Sulandjari, S., Kristiastuti, D., & Suhartiningsih. (2021). Pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis Glideapps pada kompetensi dasar metode dasar pengolahan makanan Kelas X Tata Boga 2 SMKN 3 Kediri. Jurnal Tata Boga, 10(3), 474–482. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/43393
Wulandari, V., Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan media pembelajaran e-book infografis sebagai penguatan kognitif siswa X MIA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37–44. https://doi.org/10.17977/um038v2i12019p037
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v11i2.60995
Refbacks
Copyright (c) 2024 Mohammad Thofiqo Fakhruddin, Alfi Sahrina, Dwiyono Hari Utomo, Ifan Deffinika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics