Literature review: The role of learning management system (LMS) in improving the digital literacy of educators
Anan Sutisna, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Elsa Fitri Ana, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A., Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi digital-age literacy dalam pendidikan abad 21 di Indonesia. SNPS: Seminar Nasional Pendidikan Sains, 1(1), 113–120. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9820/7255
Akbar, H. M., & Biyanto. (2022). The role of digital competence for pre-service teachers in higher education Indonesia. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(1), 233–240. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1605
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumersand designers of multimedia learning (Fourth). Wiley Online Library. https://doi.org/10.1002/9781119239086.indsub
Garad, A., Al-Ansi, A. M., & Qamari, I. N. (2021). The role of e-learning infrastructure and cognitive competence in distance learning effectiveness during the covid-19 pandemic. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 40(1), 81–91. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.33474
Herayanti, L., Fuadunnazmi, M., & Habibi. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis Moodle pada matakuliah fisika dasar. 2017, 36(2), 210–219. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13077
Hermawanto, Kusairi, S., & Wartono. (2013). Pengaruh blended learning terhadap penguasaan konsep dan penalaran fisika peserta didik kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 67–76. https://journal.unnes.ac.id/nju/JPFI/article/view/2582/2635
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003, 1 (2003). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Khotimah, T. H., Rokaibah, N. S., Zahrotunnisa, S., Firdau, M. W., Wiqi, R., & Rochman, C. (2020). Persepsi guru terhadap tantangan dan peluang pendidikan. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 514–520. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.690
Listiaji, P., & Subhan. (2021). Pengaruh pembelajaran literasi digital pada kompetensi teknologi informasi dan komunikasi calon guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 107–116. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1948
Muniroh, J., & Muhyadi. (2017). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 161–173. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.8050
Nada, A. Q., & Indrawan, D. (2023). Analisis tingkat literasi digital guru pendidikan sekolah dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 9–15. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2481
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis literasi digital calon guru SD dalam pembelajaran berbasis virtual classroom di masa pandemi covid-19. JCP: Jurnal Cakrawala Penjas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Permatasari, A. A. (2014). Pengaruh penggunaan multimedia Powerpoint terhadap peningkatan kemampuan menulis cerita pendek pada pembelajaran bahasa Indonesia. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 19–23. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3297
Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone learning management system (S-LMS) sebagai media pembelajaran matematika di SMA. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.21014
Putri, D. D. (2018). Pengembangan learning management system menggunakan framework codeigniter dan angularjs di PT. XYZ. Jurnal Sistem Informasi, 14(1), 17–27. https://doi.org/10.21609/jsi.v14i1.540
Putro, S. T., Widyastuti, M., & Hastuti. (2020). Problematika pembelajaran di era pandemi covid-19 studi kasus: Indonesia, Filipina, Nigeria, Ethiopia, Finlandia, dan Jerman. Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian, 18(2), 50–64. https://doi.org/10.21831/gm.v18i2.36058
Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis tingkat literasi digital generasi milenial Kota Surabaya dalam menanggulangi penyebaran hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 10(1), 33–43. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3795
Rahman, F., Astagini, A., & Effendy, A. D. F. (2020). Kesenjangan pembangunan di tingkat lokal: Refleksi atas implementasi otonomi daerah di Indonesia. Journal of Governance Innovation, 2(2), 93–111. https://doi.org/10.36636/jogiv.v2i2.422
Rakhmawati, N. I. S., Mardliyah, S., Fitri, R., Darni, D., & Laksono, K. (2022). Pengembangan learning management system (LMS) di era pandemi covid-19 pada pendidikan anak usia dini. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 107–118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.991
Rini, R., Suryadinata, N., & Efendi, U. (2022). Literasi digital mahasiswa dan faktor-faktor yang berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2), 171–179. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.48774
Sam, N. E., & Idrus, R. (2021). Pengembangan media e-learning berbasis learning management system (LMS) di era pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 4271–4280. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1503
Septyanto, K., Hamid, M. A., & Aribowo, D. (2020). Pengembangan e-learning berbasis website menggunakan metode Waterfall. Elinvo: Electronics, Informatics, and Vocational Education, 5(1), 89–101. https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i1.31054
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty. (2019). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal ASPIKOM: Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi, 3(6), 1200–1214. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333
Simanullang, N. H. S., & Rajagukguk, J. (2020). Learning management system (LMS) based on Moodle to improve students learning activity. The 6th Annual International Seminar on Trends in Science and Science Education, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012067
Tobing, J. A. D. E., Isa, S. F. P., Munawaroh, S. Z. Al, & Windayana, H. (2021). Strategi pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi (multiplatform) di masa pandemi covid-19. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 9(2), 113–120. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.45723
Wahjusaputri, S., & Nastiti, ashia I. (2022). Digital literacy competency indicator for Indonesian high vocational education needs. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(1), 85–91. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i1.20390
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v11i2.56326
Refbacks
Copyright (c) 2024 Rahmat Dwi Gunawan, Anan Sutisna, Elsa Fitri Ana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics