Pengembangan LKS biologi berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan

Inur Tivani, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta 55281, Indonesia
Paidi Paidi, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Yogyakarta 55281, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS biologi berbasis masalah yang layak untuk topik perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah serta mengetahui keefektifan penggunaan LKS biologi berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menurut model Borg & Gall. Data dikumpulkan melalui angket validasi LKS, angket karakter peduli lingkungan, soal kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi penilaian produk daur ulang limbah dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS biologi berbasis masalah layak untuk topik perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah dilihat dari hasil penilaian pada aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan termasuk dalam kategori sangat baik, LKS biologi berbasis masalah efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan siswa.

Kata Kunci: LKS biologi berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah, karakter peduli lingkungan

 

Developing Problem-Based Biology Worksheet to Improve Problems Solving Skills and Environment Care Character

 

Abstract

The purposes of this research are to produce a proper problem-based biology worksheet for the topic of environment/climate changing and waste recycling and to know the effectiveness of using the problem-based biology worksheet on the students’ problem solving skill and environment care character. This research is research and development model according to Brog and Gall The data were collected through questionnaire of worksheet and environment care character validity, the test of problem solving skills, observation sheet of assessment in waste recycling product and observation sheet of learning process. The results of the research showed that problem-based biology worksheet was appropriate for the topic of environment/climate changing and waste recycling, in terms of the contain, the language, the presentation, and the graphic of the worksheet were included in were good category, problem-based biology worksheet was effective to increase the student problem solving skill and caring environment care character.

Keywords: problem-based biology worksheet, problem solving skill, environment care character 

Keywords


problem-based biology worksheet; problem solving skill; environment care character

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran nilai karakter. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arends, R.I. (2007). Learning to teach. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Depdiknas. (2010). Juknis penyusunan perangkat penilaian afektif di SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 81 A, Tahun 2013, tentang Implementasi Kurikulum.

Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA-MA.

Depdiknas. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2014, tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan Pendidikan Menengah yang Memenuhi Syarat Kelayakan untuk Digunakan dalam Pembelajaran.

Furchan, A. (2011). Pengantar penelitian pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. (1983). Educational research; An introduction (7th ed). Boston: Pearson Education, Inc.

Hake, R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal Physics, 66, 64-74.

Huitt, W. (1992). Problem solving and decision making. Jurnal Psychological, 24, 33-44.

Ibrahim, M & Nur, M. (2000). Pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya: UNESA-University Press.

Jacobsen, D.A., Eggen, P., & Kauchak, D. (2009). Methods for teaching: Metode-metode pengajaran meningkatkan belajar siswa TK-SMA edisi 8. (Terjemahan Fawaid, A. & Anam, K.). New Jersey: Pearson Education, Inc. (Buku asli diterbitkan tahun 2009).

Kemendiknas. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Puskur.

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational assesment of students. Columbus: Pearson Education, Inc.

Sumintono, B. & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi model rasch untuk penelitian ilmu-ilmu sosial. Cimahi: Trim Komunikata Publishing House.

Susilo, A.B. (2012). Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik smp. Journal of Primary Educational, 1 (1), 57-63.

Trihendradi, C. (2013). Step by step IBM SPSS 21. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.8804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Inovasi Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA indexed by:

       



Creative Commons License
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA by http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. p-ISSN: 2406-9205 | e-ISSN: 2477-4820

View My Stats