Kritik terhadap internasionalisasi pendidikan tinggi ala kebijakan politik the New Southbound Taiwan

Priadi Surya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Artikel ini merupakan telaah kritis terhadap internasionalisasi pendidikan tinggi ala kebijakan politik the New Southbound Taiwan. Tujuan studi kepustakaan ini adalah (1) mendeskripsikan politik internasionalisasi pendidikan tinggi Taiwan; (2) membangun kritik terhadap politik internasionaliasi pendidikan tinggi Taiwan; (3) membangun gagasan implementasi politik internasionalisasi pendidikan tinggi di negara-negara berkembang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan berupa re-interpretasi pemikiran dalam artikel kunci terpilih dan pembangunan gagasan oleh peneliti dengan mendasarkan kepada kajian literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Taiwan menjalin kerjasama pendidikan tinggi dengan negara-negara yang terletak di bagian selatan, yang terutama ditempuh melalui mobilitas mahasiswa internasional dari dan ke dalam Taiwan; (2) pilihan politik internasionalisasi pendidikan tinggi Taiwan diindikasikan sebagai upaya dominasi Taiwan kepada negara-negara lain, dan upaya menghimpun sumber daya manusia berbakat untuk menggerakkan pembangunan berbagai sektor di Taiwan; 3) gagasan internasionalisasi pendidikan tinggi di negara-negara berkembang: (a) optimalisasi hubungan multilateral regional; (b) mahasiswa Indonesia studi di luar negeri; (c) peningkatan perguruan tinggi bertaraf internasional; dan (d) pendirian perguruan tinggi asing di negara-negara berkembang.

Keywords


internasionalisasi; pendidikan tinggi; kebijakan pendidikan

Full Text:

PDF

References


Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed.). Abingdon, Oxon: Routledge.

de Wit, H. (2020). Internationalization of Higher Education: The Need for a More Ethical and Qualitative Approach. Journal of International Students, 10(1), i–iv. https://doi.org/https://doi.org/10.32674/jis.v10i1.1893

Ermylina, E. (2020). Kepentingan Taiwan dalam meningkatkan ikatan people to people melalui New Southbound Policy. Universitas Muhammadiyah Malang.

Fabtian, D. R. A. (2018). Belt Road Initiatives (BRI): Intensi Supremasi Tiongkok di Samudra Hindia dan Respon Counterbalance dari India. Jurnal Hubungan Internasional, XI(2), 240–253.

Forsudd, C. M. (2009). The Motives of Aid Donors –A comparative study of the aid allocation of Denmark, Norway and Sweden. https://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:234182/FULLTEXT01.pdf

Kemenlu. (2019). Landasan, Visi Dan Misi Polugri: Ringkasan. Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. https://kemlu.go.id/portal/id/read/12/halaman_list_lainnya/ringkasan

Kemenristekdikti. (2019). Pedoman Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2019. Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

Krisna, A. R. (2018). Strategi Internasionalisasi Sektor Pendidikan Pemerintah Taiwan dalam Era New Southbound Policy. Jurnals FIS.

Lin, A. F.-Y. (2020). Internationalization initiatives of Taiwan’s higher education: a stepping stone to regional talent circulation or reproduction of unbalanced mobility scheme? Initiatives of Taiwan’s Higher Education, 14(2), 69–91. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/HEED-06-2020-0017

LPDP. (2021). Tentang Beasiswa LPDP. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, Kementerian Keuangan.

Marsigit. (2009). Universitas Negeri Yogyakarta Menuju Perguruan Tinggi Bertaraf Internasional (PTBI), “Yogyakarta State University on the move toward World Class University.” Sidang SENAT Universitas Negeri Yogyakarta Komisi I Hearing Dengan PR I: Konsep WCU Pada Senin, 7 Desember 2009 Di UNY.

PPI. (2019). Mahasiswa Indonesia di Taiwan Bukan Kerja Paksa. Republika. https://www.republika.co.id/berita/pksf3t335/ppi-mahasiswa-indonesia-di-taiwan-bukan-kerja-paksa

SEAMEO. (2020). What is SEAMEO? The Southeast Asian Ministers of Education Organization.

Taipei Economic and Trade Office. (2018). Presiden Tsai Ing-wen mengadopsi pedoman “New Southbound Policy.” Roc-Taiwan. https://www.roc-taiwan.org/id_en/index.html

UNY. (2021). Panduan Penyelenggaraan Visiting Professor (Masa Pandemi Covid-19). Universitas Negeri Yogyakarta.

Veugelers, R. (2020). Impact of Higher Education Internationalisation on the Economy. Luxembourg: Publications Office of the European Union.

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

UU RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

UU RI No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.42586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats