PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI, MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP KINERJA GURU SMK
DOI:
https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2402Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kepemimpinan trans-formasional kepala sekolah, kompetensi, motivasi dan kedisiplinan guru terhadap kinerja guru SMK di kota Magelang. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Responden penelitian adalah guru-guru SMK di kota Magelang sebanyak 89 orang. Pengumpulan data menggunakan angket terhadap guru. Pengujian validitas butir dilakukan dengan product momen pearson, sedangkan uji reliabilitas dengan menggunakan metode Alfa-Cronbach. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah meningkatkan kinerja guru (sig= p < 0,05; R2yx1= 15,2%); kompetensi guru meningkatkan kinerja guru (sig= p < 0,05; R2yx2= 51,8%); motivasi guru meningkatkan kinerja guru (sig= p < 0,05; R2yx3= 53,9%) dan kedisiplinan guru meningkatkan kinerja guru (sig= p < 0,05; R2yx1= 45,9%). Hasil analisis regresi linier ganda menunjukkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kompetensi, motivasi dan kedisiplinan guru secara bersama-sama meningkatkan kinerja guru (sig = p < 0,05; Adjusted R2yx1,2,3,4= 61,7%).Kata kunci: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kompetensi guru, motivasi guru, disiplin guru, kinerja guru
Downloads
Published
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.