PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI, MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP KINERJA GURU SMK

Authors

  • Tokhibin Tokhibin SMK Negeri 3 Magelang
  • Wuradji Wuradji Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2402

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kepemimpinan trans-formasional kepala sekolah, kompetensi, motivasi dan kedisiplinan guru terhadap kinerja guru SMK di kota Magelang. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Responden penelitian adalah guru-guru SMK di kota Magelang sebanyak 89 orang. Pengumpulan data menggunakan angket terhadap guru. Pengujian validitas butir dilakukan dengan product momen pearson, sedangkan uji reliabilitas dengan menggunakan metode Alfa-Cronbach. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah meningkatkan kinerja guru (sig= p < 0,05; R2yx1= 15,2%); kompetensi guru meningkatkan kinerja guru (sig= p < 0,05; R2yx2= 51,8%); motivasi guru meningkatkan kinerja guru (sig= p < 0,05; R2yx3= 53,9%) dan kedisiplinan guru meningkatkan kinerja guru (sig= p < 0,05; R2yx1= 45,9%). Hasil analisis regresi linier ganda menunjukkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kompetensi, motivasi dan kedisiplinan guru secara bersama-sama meningkatkan kinerja guru (sig = p < 0,05; Adjusted R2yx1,2,3,4= 61,7%).

Kata kunci: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kompetensi guru, motivasi guru, disiplin guru,  kinerja guru

Downloads

Published

2013-09-01

Issue

Section

Articles