MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 3 JETIS BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2323Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengembangan profesionalisme guru di SMP Negeri 3 Jetis Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan sumber data dipilih secara purposive. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa SMP Negeri 3 Jetis Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada-lah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggu-nakan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: kondisi profesionalisme guru di SMP Negeri 3 Jetis Bantul menurut data kualifikasi akademik yang qualified adalah 94,87%, sedangkan 5,13% adalah underqualified. Program pengembangan profesionalisme sebagai berikut. (1) Masih terdapat guru mismatched, kurang memanfaatkan kesempatan pendidikan dan pelatihan yang ada, anggaran dan motivasi diri. (2) Pelaksanaan program pengembangan profesionalisme SDM dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru berupa: pelatihan sosialisasi KTSP dan pelatihan komputer, studi lanjut, MGMP, seminar, workshop, penambahan koleksi buku-buku di perpustakaan, kerja sama dengan Dinas Pendidikan DIY, Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul, Kanwil DIY dan intansi terkait. (3) Penghambat pelaksanaan program pengembangan SDM: terbatasnya anggaran, kurangnya minat dan motivasi guru. (4) Untuk mengatasi hambatan: mengajukan penambahan anggaran, memberi motivasi, reward, dan kerja sama dengan intansi terkait.
Kata kunci: manajemen, pengembangan, profesionalisme guru
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.