IMPLEMENTASI PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI TK FASTRACK FUN SCHOOL DAN TK RUMAH CITTA

 Tri Nugroho, Wuradji Wuradji

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkapkan penerapan fungsi manajerial Kepala Sekolah TK Fastrack Fun School dan TK Rumah Citta dalam (1) merencanakan program kegiatan sekolah, (2) mengorganisasikan potensi sekolah, (3) menggerakkan personil sekolah, dan (4) mengevaluasi pelaksanaan kerja personil di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian: kepala sekolah, guru dan karyawan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah TK Fastrack Fun Schoool dan TK Rumah Citta merencanakan program kegiatan sekolah meliputi renstra dan renstrop dengan melibatkan guru dan karyawan. Mengorganisasikan personil sekolah agar mereka dapat bekerja sesuai dengan potensi masing-masing. Menggerakkan personel dengan memberikan bimbingan, pengarahan secara intensif dalam jangka waktu tertentu agar mereka dapat bekerja baik dan sesuai dengan tujuan, dan mengawasi kinerja bawahannya dan membimbing agar kinerja bawahan dan kegiatan-kegiatan sekolah dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tujuan sekolah.

Kata kunci: penerapan, fungsi manajerial


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2337-7895 (print) || ISSN 2461-0550 (online)


View Journal Statistics