IMPLEMENTASI PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI TK FASTRACK FUN SCHOOL DAN TK RUMAH CITTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2403Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan penerapan fungsi manajerial Kepala Sekolah TK Fastrack Fun School dan TK Rumah Citta dalam (1) merencanakan program kegiatan sekolah, (2) mengorganisasikan potensi sekolah, (3) menggerakkan personil sekolah, dan (4) mengevaluasi pelaksanaan kerja personil di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian: kepala sekolah, guru dan karyawan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah TK Fastrack Fun Schoool dan TK Rumah Citta merencanakan program kegiatan sekolah meliputi renstra dan renstrop dengan melibatkan guru dan karyawan. Mengorganisasikan personil sekolah agar mereka dapat bekerja sesuai dengan potensi masing-masing. Menggerakkan personel dengan memberikan bimbingan, pengarahan secara intensif dalam jangka waktu tertentu agar mereka dapat bekerja baik dan sesuai dengan tujuan, dan mengawasi kinerja bawahannya dan membimbing agar kinerja bawahan dan kegiatan-kegiatan sekolah dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tujuan sekolah.Kata kunci: penerapan, fungsi manajerial
Downloads
Published
2013-09-01
How to Cite
Nugroho, T., & Wuradji, W. (2013). IMPLEMENTASI PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI TK FASTRACK FUN SCHOOL DAN TK RUMAH CITTA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 321–334. https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2403
Issue
Section
Articles
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.