Model Window Shopping dalam Pembelajaran Membaca Cerita Pendek (Studi Praeksperimen pada Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Majalengka Tahun Ajar 2023/2024)
Retty Isnendes, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Haris Santosa Nugraha, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap bahasa sunda, kurangnya minat membaca siswa, kurangnya minat mempelajari bahasa sunda, banyak siswa yang belum mengetahui tentang karya sastra sunda khususnya cerpen, siswa merasa jenuh di dalam kelas, dan kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan model pembelajaran. Dengan menerapkan model Window Shopping diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan siswa dalam membaca cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran Window Shopping, 2) kemampuan siswa dalam membaca cerpen setelah menggunakan model pembelajaran Window Shopping, 3) perbedaan kemampuan membaca carita pondok sebelum dan sesudah menggunakan model Window Shopping. Penelitian ini menggunakan metode kuasi praeksperimen dengan jenis pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain one group pre-test and post-test. Sumber datanya adalah kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Majalengka Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 36 siswa, 14 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan dengan menggunakan teknik tes. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) kemampuan membaca cerita pendek sebelum menggunakan Window Shopping, 2) kemampuan membaca cerita pendek siswa setelah menggunakan Window Shopping, 3) perbedaan kemampuan membaca cerita pendek siswa sebelum dan sesudah menggunakan Window Shopping. Penelitian ini diuji parametrik signifikansi sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu dapat dibuktikan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca cerpen siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Majalengka Tahun Pelajaran 2023/2024 sebelum dan sesudah menggunakan model Window Shopping.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Asnawi. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Window Shopping. Pondok Belajar.
Hapipi. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping Dalam Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Selong Tahun Pelajaran 2021/2022 .
Hernawan. (2024). Pengembangan Model Genre-Based Writing Melalui Penguatan Literasi Kritis dalam Pembelajaran Menulis Artikel Ilmiah di Perguruan Tinggi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). ANALISIS Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27.
Kominfo. (2017). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Https://Www.Kominfo.Go.Id/Content/Detail/10862/Teknologi-Masyarakat-Indonesia-Malas-Baca-Tapi-Cerewet-Di-Medsos/0/Sorotan_media.
Kurdi, M. (2017). Window shopping: model pembelajaran yang unik dan menarik. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4(3), 27–34.
Kusmayati, Y., & Nuraeni, L. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA-2 Pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda Materi Carita Pondok Melalui Strategi Belajar Pq4r Di SMA Negeri 1 Cikijing. JALADRI: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda, 8(1), 14–20.
Nabilah, A. (2023). Modél Window Shopping Dina Pangajaran Carita Babad (Studi Kuasi Ékspérimén ka Siswa Kelas X-A SMA Negeri 20 Bandung Taun Ajar 2022/2023).
Nugroho, U. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. CV. Sarnu Untung.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran (Cetakan 1). Deepublish.
Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. In Conference Series Journal (Vol. 01).
Sulistijati, N. (2022). Window Shopping dalam Pembelajaran Sejarah. Deepublish.
Tarigan. (2014). Membaca : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Cetakan 1). ANGKASA BANDUNG.
Zumroh, N., Rahayu, E. S., & Dewi, N. K. (2018). Keefektifan model pembelajaran window shopping dan pendekatan jelajah alam sekitar pada materi ekosistem. Journal of Biology Education, 7(2), 221–225.
DOI: https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v13i2.76525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Cited By
Ikadbudi