Optimalisasi pendidikan informal sebagai alternatif pemertahanan bahasa Jawa

Alfiah Alfiah, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah mendeskripsikan bentuk pengoptimalan upaya pendidikan informal sebagai upaya pemertahanan bahasa Jawa. Penulisan artikel ini dikembangkan dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan merujuk pada beberapa hasil penelitian yang menggambarkan berbagai fenomena bahasa Jawa di tengah masyarakat Jawa di era kini  sebagai sumber datanya. Data dalam penelitain ini adalah berbagai bentuk-bentuk perubahan yang terjadi di tengah masyarakat Jawa era kini tentang eksistensi bahasa Jawa. Data dikumpulkan dengan teknik simak dan baca. Berdasarkan data yang terhimpun, dianalisis secara kritis berdasarkan fenomena atau peristiwa tertentu yang muncul terkait perkembangan bahasa Jawa dan menggunakan peneliti sebagai instumen utama. Hasil penelitian adalah keluarga merupakan lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama anak dalam hal memperoleh pendidikan dapat tumbuh dan berkembang dengan pemantauan dan pengawasan orang tua dan anggota keluarga lainnya yang hidup satu rumah dengannya. Pola asuh orang tua menentukan bagaimana perkembangan nilai karakter anak. Ibu sebagai salah satu orang yang dinilai paling dekat dengan anak memegang peran yang lebih dominan berperan sebagai pendidik dalam lembaga pendidikan informal. Anak memperoleh bahasa pertama dari bahasa yang digunakan di lingkungannya, terutama ibunya karena orang terdekat bagi anak. Ibu memainkan peran formatif dalam pemerolehan bahasa pertama pada anaknya

Keywords


pendidikan informal; pemertahanan bahasa Jawa

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. R. (2020). "Ibu Sebagai Madrasah Bagi Anaknya: Pemikiran Pendidikan R.A. Kartini. " Journal of Islamic Education Policy, 5(2), 91–98. https://doi.org/10.30984/jiep.v5i2.1350

Alberti, I. P. (2021). "Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dua Tahun dalam Bahasa Sehari-hari." BAHASTRA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 46–52. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/3682/2578

Apriliani, E. I., & Dewi, N. K. (2019). "Tata Krama Budaya Jawa Membentuk Sikap Santun Anak Usia Dini." Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 28. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.132

Arini, D. H., Imsiyah, N., & Himmah, I. F. (2019). "Pengaruh Pembelajaran Bahasa Jawa Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Pembina Banyuwangi." Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 42. https://doi.org/10.19184/jlc.v3i1.13572

Awaliyah Ainun Niswah. (2021). "Pengaruh Komunikasi Ibu Terhadap Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia 2 Tahun." Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1), 250–261.

Azizah, C., & Satiti, S. D. (2021). "Potret Pemertahanan Bahasa Jawa oleh Pelajar dalam Lingkup Keluarga. "Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 9(1), 46–56. https://doi.org/10.15294/sutasoma.v9i1.46309

Choirunnisa, B. C. (2020). "Peranan Ibu dalam Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4-5 tahun. " Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i1.433

Damariswara, R. (2016). "Analisis Ketidaktepatan Penggunaan Bahasa Jawa Krama Alus Mahasiswa PGSD Angkatan 2012 UN PGRI Kediri dalam Mata Kuliah Bahasa Daerah." Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(1), 50–64.

Rafsanjani1, Andik Adi Suryanto2, Suprapto3, U. Y. (2018)." Aplikasi Sistem Informasi Pembelajaran Bahasa Jawa Pada Mobile Android." Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat III Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, September.

Setyawan, I. (2019). "Sikap Generasi "Z" terhadap bahasa Jawa: Studi Kasus pada Aanak-anak usia Sekolah Dasar di kota Semarang." Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 7(2), 30. https://doi.org/10.30659/jikm.7.2.30-36

Siregar, G. (2020). "Sikap Masyarakat Penutur Bahasa Jawa Kromo Inggil di Desa Blitar Muka Kecamatan Sindang Kelingi Rejang Lebong Terhadap Bahawa Jawa Kromo Inggil." JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 44–52. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/58

Suharyo, S. (2018). "Nasib Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia dalam Pandangan dan Sikap Bahasa Generasi Muda Jawa." Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 13(2), 244. https://doi.org/10.14710/nusa.13.2.244-255

Wahyu Trisnawati1, P. Y. F. (2019). "Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembiasan Berbahasa Jawa Pada Anak Usia Dini di Desa Tanggeran, Kabupaten Banyumas". Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini |, 10(2), 93–100.

Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 57 Tahun 2013 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa




DOI: https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v12i1.76048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cited By

   

 

Ikadbudi