Representasi penggunaan unggah-ungguh bahasa Jawa di Tulungagung pada kalangan anak-anak umur 7-12 tahun

Willda Eka Berliana, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
Bagus Wahyu Setyawan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia

Abstract


Masyarakat Jawa spesialnya kanak- kanak memakai bahasa Jawa wajib memahami unggah-ungguh, hendak namun kerap terjalin kesalahan dalam pemakaian leksikon. Perihal ini tidak bisa disalahkan seluruhnya karena itu bisa terjalin sebab minimnya pengetahuan penutur tentang konsep unggah- ungguh dalam berbahasa Jawa. Riset ini bertujuan buat mendeskripsikan serta menarangkan menimpa fenomena pemakaian macam bahasa Jawa kanak- kanak usia 7-12 tahun. Sumber informasi berbentuk pemakaian macam bahasa Jawa di Tulungagung. Proses pengambilan informasi dengan observasi serta wawancara mendalam. Dari hasil riset ditemui masih banyak kesalahan pemakaian macam bahasa di golongan kanak- kanak. Penyebabnya yakni anak tidak dibiasakannya berbahasa krama inggil oleh orang tua, kurangya kerja sama antara pihak sekolah, orang tua, serta warga. Pula belum terdapatnya model pembelajaran menimpa unggah- ungguh basa yang dirasa sesuai. Dengan demikian, masih banyak ditemui pemakaian unggah- ungguh basa yang galat di golongan kanak- kanak.
Kata kunci: representasi, unggah-ungguh, anak


Full Text:

PDF

References


Abdul Chaer dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolingustik Perkenalan Awal. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Andianto, M. Rus. 2016. “Model-model Strategi Kesantunan Berbahasa dalam Kultur Jawa” dalam Prosiding Jejak Langkah Perubahan dari Using sampai Indonesia (Ed: Novi Anoegrajekti). Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Chaedar Alwasilah, A. 1985. Sosiologi Bahasa.Bandung : Angkasa.

Dwiraharjo, Maryono. 2001. Bahasa Jawa Krama. Surakarta: Pustaka Cakra.

Gunarwan, Asim. 2005. “Beberapa Prinsip dalam Komunikasi Verbal: Tinjauan Sosiolinguistik dan Pragmatik. Dalam Pranowo, dkk (Ed.).” Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Universitas Sanata Dharma.

Halliday, M.A.K,. et al. 1970. “ The Usurs and Uses of Language”. dalam J.A Fishman, Reading in the Sosiology of Linguage.The Hague : Mounton.

Idrus, Muhammad. 2012. “Pendidikan Karakter pada Keluarga Jawa” dalam Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, No. 2, Juni 2012. Univesitas Negeri Yogyakarta

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bandung : Angkasa.

Sasangka, Sry Satriya Tjatur Wisnu. 2009. Unggah- Ungguh Bahasa Jawa (Editor: Yeyen Maryani). Jakarta: Yayasan Paramalingua.

Soepomo, Poedjosoedarmo,. 1976. Pengaruh Bahasa Indonesia Terhadap Bahasa Jawa. Stensilan.

Sumarsono dan Paina Partana. 2002. Sosiolingustik.Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Wibowo, Agus. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Praktik Implementasi. Yogya- karta: Pustaka Pelajar.

Wuryandari, Wuri. 2010. “Integrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran untuk Menanamkan Nasionalisme di Sekolah Dasar” dalam Jurnal Litera, Vol. 4, No. 3, 2010. Universitas Negeri Yogya- karta.

Zakaria, Indra dan Listyaningsih. 2016. “Penanaman Sikap Sopan Santun melalui Keteladanan Guru di SMP Negeri 1 Buduran Kabupaten Sidoarjo” dalam Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol. 2, No. 4, Tahun 2016. Universitas Negeri Surabaya




DOI: https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v12i2.63246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Cited By

   

 

Ikadbudi