MODEL VOCABULARY SELF-COLLECTION STRATEGY (VSS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA

Usep Kuswari Usep Kuswari,

Abstract


MODEL VOCABULARY SELF-COLLECTION STRATEGY (VSS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA

 

Usep Kuswari

Universitas Pendidikan Indonesia

usep.kuswari@upi.edu, usep_kuswari@yahoo.com

 

 

Abstrak

Pentingnya kemampuan membaca yang baik dirasakan dan dituntut dalam pembelajaran bahasa pertama. Para pendidik, filosof, psikolog dan lain-lain telah lama mencurahkan perhatian pada proses pembelajaran membaca. Mereka memandang kemampuan ini sebagai suatu kemajuan besar yang pernah dicapai dalam sejarah peradaban manusia. Hasil yang telah dicapai dalam pembelajaran membaca bahasa Sunda masih belum memuaskan dan masih banyak kendala. Kendala yang paling utama berdasarkan pengalaman adalah belum adanya strategi atau model membaca yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca. Untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Sunda, dosen atau dosen harus berupaya mengembangkan dan mengimplementasikan berbagai pendekatan, metode, dan teknik yang tepat dan efektif serta sesuai dengan kebutuhan belajar para mahasiswa yang sedang belajar membaca bahasa Sunda. Salah satu model yang perlu dicoba adalah model pembelajaran Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS). Penelitian ini dirancang melalui (a) pengembangan model pembelajaran Membaca Bahasa Sunda , (b) mendesain eksperimen, dan (c) pelaksanaannya. Melalui penerapan Model Pembelajaran VSS, kemampuan membaca bahasa Sunda pembelajar meningkat, kualitas pembelajaran VSS sangat baik dan menarik. Model pembelajaran VSS efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Sunda terutama dalam aspek kosakata.

 

Kata Kunci:  VSS, efektif, membaca




DOI: https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v7i1.26890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 2089-7537

E-ISSN: 2685-8282

Cited By