UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERKAK DENGAN METODE BRAINSTORMING PADA MATA KULIAH NYERAT FIKSI JAWI

Sri Hertanti Wulan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerkak semester tiga Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FBS UNY melalui metode Brainstorming. Brainstorming dipilih karena metode tersebut merupakan salah satu metode yang dapat membantu mahasiswa dalam mengumpulkan ide untuk dijadikan sebuah tulisan cerkak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah Semester tiga kelas K dalam mata kuliah Nyerat Fiksi Jawi sejumlah 20 mahasiswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dengan empat komponen pada tiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), dan tes menulis cerkak. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Kriteria keberhasilan dilihat dari proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasar pada peningkatan proses pembelajaran ke arah yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai mahasiswa yang lebih baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Brainstorming dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah Semester tiga kelas K. Peningkatan tampak pada proses dan produk. Peningkatan proses terlihat pada sikap percaya dirimahasiswa dalam pembelajaran. Peningkatan tersebut terlihat dari kondisi mahasiswa yang lebih terarah langkah belajarnyadan lebih percaya diri. Peningkatan kualitas proses berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hal tersebut terlihat pada hasil tes menulis cerkak dari pratindakan hingga siklus II. Ketercapaian indikator dari pratindakan hingga siklus II meningkat. Pada tahap pratindakan 1 dari 20mahasiswa mencapai indikator, siklus I berjumlah 12mahasiswa, dan siklus II berjumlah 17 mahasiswa. Nilai rata-rata kelas juga meningkat, yaitu pratindakan 64,35, siklus I 74,95, dan siklus II 80,90. Penulisan teks cerkak melaluimetode Brainstorming memudahkan mahasiswa dalam pengumpulan dan penuangan ide. Tindakan dalam penelitian ini menjadikan mahasiswa lebih teratur dan terarah saat menulis.

Kata kunci: metode pembelajaran brainstorming, nyerat fiksi Jawi


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar dan Suzanna Alwasilah. 2005. Pokoknya Menulis; Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Djibran, Fahd. 2008. Writing is Amazing.Yogyakarta: Juxtapose.

Enre, Fachruddin Ambo. 1988. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Hedge, Tricia. 1989. Writing Resource Books For Teachers. New York: Oxford University Press.

Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: CV Alfabeta.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru. Sugiyanto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia

Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Widarso, Wishnubroto. 2000. Kiat Menulis dalam Bahasa Inggris. Yogyakarta: Kanisius.

Wijayanto, Asul. 2012. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo. Jurnal.upi.edu/file/06_Resti_Fauziah_165_178_pdf.20




DOI: https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v6i1.18196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 2089-7537

E-ISSN: 2685-8282

Cited By