Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi tentang (1) kompetensi pramusaji di sekolah, (2) kompetensi pramusaji di restoran hotel, (3) kompetensi yang dilaksanakan di sekolah tetapi tidak dibutuhkan oleh industri restoran hotel, (4) kompetensi yang dibutuhkan oleh hotel tetapi tidak dilaksanakan di sekolah, dan (5) kesesuaian antara kompetensi di sekolah dengan kompetensi di industri. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi yang dilaksanakan mulai tanggal 5 Maret 2016 sampai 20 April 2019. Sumber data diperoleh dari dokumen kurikulum, SOP hotel dan SKKNI bidang pramusaji. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Alat pengumpul data menggunakan daftar cek. Validitas data dikendalikan melalui pembaca kedua dan wawancara dengan pengguna pramusaji. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi pramusaji yang diajarkan di sekolah sebanyak 43 kompetensi. (2) Kompetensi pramusaji restoran hotel sebanyak 32 kompetensi. (3) Kompetensi yang dilaksanakan di sekolah tetapi tidak dilakukan di hotel sebanyak 14 kompetensi. (4) Kompetensi yang dilakukan di restoran tetapi tidak diajarkan di sekolah sebanyak 11 kompetensi. (5) Kesesuaian antara kompetensi pramusaji di sekolah dengan kompetensi di restoran sebesar 74,4%.
Kata kunci : Standar Kompetensi Pramusaji, Mata Pelajaran Tata Hidang, dan Restoran Hotel