Peningkatan Self Regulated Learning Skills Mahasiswa Melalui Aplikasi Jejaring Sosial Edmodo

Muchammad Tamyiz, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia

Abstract


Kemampuan untuk belajar mandiri mahasiswa atau dikenal Self Regulated Learning Skills (SRL) menjadi masalah tersendiri bagi dosen. Sehingga pembelajaran mata kuliah biomonitoring kualitas lingkungan perlu memanfaatkan aplikasi jejaring sosial edmodo yang khusus untuk memfasilitasi dosen dan mahasiswa. Kegiatan Lesson Study mencakup tiga tahap kegiatan yaitu Plan, Do, dan See. Dalam tahap Plan dilakukan diskusi mengkaji lesson design yang dibuat oleh dosen model, dalam tahap Do dilakukan pembelajaran oleh dosen model berdasar RPP hasil Plan. Sedagkan tahap See dilakukan refleksi untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan dosen model untuk menemukan kekurangan dan kelebihan guna ditindak lanjuti pada pembelajaran berikutnya. Hasil perpaduan antara lesson study dengan penerapan edmodo dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran, meningkatkan keberanian mahasiswa untuk menyampaikan pendapat, dan meningkatkan kolaborasi antar mahasiswa untuk menyelesaikan studi kasus. Kesimpulan dari pelaksanaan lesson study adalah terjadi peningkatan Self Regulated Learning Skills mahasiswa pada mata kuliah biomonitoring kualitas lingkungan.


Keywords


edmodo, lesson study, SRL

Full Text:

PDF

References


Suminarsih, “PAKEM Pembelajaran Afektif Kreatif Efektif dan Menyenangkan,” Semarang: LPMP Jawa Tengah, 2008.

N. Sudjana, “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar,” Bandung: Rosda, 2010, pp. 61.

A. Ahmadi dan S. Widodo, “Psikologi Belajar,” Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

P. Hollingsworth and L. Gina, “Pembelajaran Aktif Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas,” Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang, 2008.

J. O’Kelly, “Designing a Hybrid Problembased Learning (PBL) Course: A Case Study of First Year Computer Science in NUI,” Galway: CELT, 2005.

B. J. Zimmerman, “A social Cognitive View of Self Regulated Learning” Journal of Educational 81, pp. 329-339, 1989.

R. Cobb, “The Relationship Between Self Regulated Learning Behaviors and Academic Performance in Web-Based Courses,” Ph.D. dissertation, Faculty of Virginia Polytechnic Institute and State University, USA, 2003.

B. J. Zimmerman and A. Kitsantas, “The Hidden Dimension of Personal Competence: Self Regulated Learning and Practice,” dalam A. J. Elliot and C. S. Dweck, “Handbook of Competence and Motivation,” New York: Guilford Press, pp. 204-222, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muchammad Tamyiz

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats