PENILAIAN AUTENTIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA
_ Zamzani,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berbicara
siswa kelas VIII A SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta melalui penerapan penilaian
autentik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis
dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk siklus yang berisi empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, tes keterampilan berbicara, dan
kuesioner motivasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perhatian, peran aktif,
dan antusiasme siswa dalam pembelajaran berbicara mencapai lebih dari 75%, (2) terjadi
peningkatan skor rata-rata keterampilan berbicara siswa dari tahap pratindakan sebesar
34,5 menjadi 63 pada siklus I dan 73,8 pada siklus II, (3) terjadi peningkatan skor ratarata
motivasi dan distribusi kategori motivasi berbicara. Tahap pratindakan skor rata-rata
motivasi berbicara 62 menjadi 72 pada siklus I, dan 75,12 pada siklus II. Lebih lanjut siswa
yang memiliki motivasi berbicara kategori tinggi meningkat, semula berjumlah 1 pada
tahap pratindakan menjadi 9 siswa pada siklus I dan 12 pada siklus II. Sementara itu, pada
siklus II siswa yang berkategori motivasi berbicara rendah tidak lagi ditemui.
Kata Kunci: penilaian otentik, motivasi siswa, interaksi siswa, berbicara
siswa kelas VIII A SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta melalui penerapan penilaian
autentik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis
dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk siklus yang berisi empat tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, tes keterampilan berbicara, dan
kuesioner motivasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perhatian, peran aktif,
dan antusiasme siswa dalam pembelajaran berbicara mencapai lebih dari 75%, (2) terjadi
peningkatan skor rata-rata keterampilan berbicara siswa dari tahap pratindakan sebesar
34,5 menjadi 63 pada siklus I dan 73,8 pada siklus II, (3) terjadi peningkatan skor ratarata
motivasi dan distribusi kategori motivasi berbicara. Tahap pratindakan skor rata-rata
motivasi berbicara 62 menjadi 72 pada siklus I, dan 75,12 pada siklus II. Lebih lanjut siswa
yang memiliki motivasi berbicara kategori tinggi meningkat, semula berjumlah 1 pada
tahap pratindakan menjadi 9 siswa pada siklus I dan 12 pada siklus II. Sementara itu, pada
siklus II siswa yang berkategori motivasi berbicara rendah tidak lagi ditemui.
Kata Kunci: penilaian otentik, motivasi siswa, interaksi siswa, berbicara
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v24i1.11495
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 DIKSI
Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi
Our Journal has been Indexed by:
Diksi Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)
Supervised by: