The Effect of Using Gimkit on the Learning Outcomes of Literature Appreciation of Grade V Elementary School Students
DOI:
https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i1.70872Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Gimkit terhadap hasil belajar apresiasi sastra. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experiment dengan bentuk Intact group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Sukapura dan sampel dipilih secara acak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Sukapura. Sampel penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan berpengaruh terhadap hasil belajar apresiasi sastra pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Hasil uji T diperoleh Sig. (dua sisi) sebesar 0,000, maka 0,000 < 0,05. Jadi Ha diterima dan Ho ditolak.
References
Astika, S., Herianto, E., Sawaludin, S., & Sumardi, L. (2023). Pengaruh Implementasi E-learning Berbasis Quizizz terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 154–160. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1114
Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604
Billa, S., Ananda, A., Rafni, A., Prodi, J. I., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2023). Pengaruh game edukasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn SMA. In Journal of Education, Cultural and Politics (Vol. 3, Issue 2).
.
Febiyani Shela. (2023). Pengaruh Media Evaluasi Berbasis Gimkit terhadap Hasil Belajara Siswa dalam Mata Pelajaran PPKN: Studi Kuasi terhadap siswa kelas 8 di SMP Kartika VIII-2 Bandung.
Rohimat Sonny, Solfarina, Samsiah, Ramdhani Fajar Izza, Fitri Raisya, & Aliyah Nisa. (2023). WorkshopPengenalan Gimkit untuk Asesmen Formatif Mode Game Online. JNB: Jurnal Nusantara Berbakti, 1.
Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5453–5460. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3332
Selian, F. H., & Rambe, R. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Masa Pandemi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6), 7370–7377. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4083
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.