Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila di Kelas VI Sekolah Dasar

Wawan Shokib Rondli, Universitas Muria Kudus, Indonesia
Muhammad Mutofifin, SD Negeri 2 Blerong, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas VI SD di Gugus Sunan Kalijaga Guntur Demak. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di Gugus Sunan Kalijaga Kecamatan Guntur Kabupaten Demak diambil sampel 2 SD secara random sampling. Sampel terdiri dari SDN Sidokumpul yang terdiri dari 18 siswa (kelas kontrol) dan SDN Blerong 2 terdiri dari 24 siswa (kelas eksperimen). Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model Think Pair Share terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas VI SD di Gugus Sunan Kalijaga Guntur Demak. Hal ini terbukti dari hasil Uji t dengan nilai Sig. (Two-Sided p) sebesar 0,000, maka 0,000 < 0,05. Jadi Ha diterima, dan Ho ditolak.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, Riska D., & Yuli Yanti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar,Vol. 4, No. 2: 107-123.

Husni, M., Lasmawan, W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Prestasi Belajar PKN Kelas IV SD Gugus I Selong Ditinjau dari Motivasi Belajar (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Ibrahim, dkk. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218-226.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Reinita dan Delsa Andrika. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. ISSN 2579-3403. Volume 1, Nomor 2.

Sinaga. 2008. Paradigma Lama Kontra Paradigma Baru Pembelajaran di Sekolah. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/6940/5940. Diakses: Tanggal 15 Juli 2022.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulisworo, Dwi dan Suryani. 2014. “The Effect of Cooperative Learning, Motivation and Information Technology Literacy to Achievement”. International Journal of Learning & Development. Vol. 4(2) : 58-64

Sumbung, E. (2020). Meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas XII IPS 1 SMAN 1 Kuta Selatan tahun pelajaran 2019-2020 menggunakan model think pair share berbantuan kartu masalah. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 104-111.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Tutu, M. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(2).

Widjaja, H.A.W. 2017. Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.54077

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v5i2.54077.g18486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wawan Shokib Rondli, Muhammad Mutofifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats