Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab melalui Gadget oleh Komunitas Guru Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.342Keywords:
Arabic Language Learning, GadgetAbstract
Penggunaan gadget dianggap sebagai salah satu alat pembelajaran yang memiliki manfaat besar bagi anak, termasuk anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transformasi pembelajaran bahasa Arab yang diberikan oleh komunitas guru taman kanak-kanak melalui penggunaan gadget. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Data primer diperoleh dari kepala sekolah dan guru kelas kelompok usia 5-6 tahun. Sementara itu, data sekunder meliputi hasil observasi pembelajaran. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan gadget berdampak positif bagi anak terutama untuk mengenalkan kata-kata bahasa Arab. Anak-anak menunjukkan fokus yang tinggi dalam pembelajaran bahasa Arab karena penggunaan audiovisual yang inovatif oleh guru. Oleh karena itu, penggunaan gadget memungkinkan mereka untuk menirukan lafal bahasa Arab sesuai dengan contoh yang diberikan