Pengaruh Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk Terhadap Komunikasi Verbal Anak

Authors

  • Fadilah Sani Pendidikan Islam Anak Usia Dini, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Khadijah Khadijah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v13i2.480

Keywords:

Pembelajaran Majemuk, Anak Usia Dini, Komunikasi Verbal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan dampak penggunaan pendekatan pembelajaran ini kemampuan komunikasi lisan anak. Penelitian ini menggunakan metodologi eksperimental yang melibatkan desain one-group pretest-posttest. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Jumlah sampel adalah dua puluh anak yang berpartisipasi selama dua bulan. Uji t sampel berpasangan digunakan untuk melakukan analisis data. Hasil temuan menunjukkan tingkat signifikansi 0,001 yang lebih rendah dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis berbagai kecerdasan mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kemampuan komunikasi verbal anak. Temuan penelitian ini menekankan pentingnya pemanfaatan strategi pembelajaran inklusif dan divergen untuk Mutu pendidikan anak usia dini harus ditingkatkan, khususnya pada bidang-bidang yang berhubungan dengan pengembangan keterampilan komunikasi verbal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-20

How to Cite

Sani, F., & Khadijah, K. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk Terhadap Komunikasi Verbal Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 13(2), 150–157. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i2.480

Citation Check