Pengaruh Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk Terhadap Komunikasi Verbal Anak
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v13i2.480Keywords:
Pembelajaran Majemuk, Anak Usia Dini, Komunikasi VerbalAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan dampak penggunaan pendekatan pembelajaran ini kemampuan komunikasi lisan anak. Penelitian ini menggunakan metodologi eksperimental yang melibatkan desain one-group pretest-posttest. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Jumlah sampel adalah dua puluh anak yang berpartisipasi selama dua bulan. Uji t sampel berpasangan digunakan untuk melakukan analisis data. Hasil temuan menunjukkan tingkat signifikansi 0,001 yang lebih rendah dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis berbagai kecerdasan mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kemampuan komunikasi verbal anak. Temuan penelitian ini menekankan pentingnya pemanfaatan strategi pembelajaran inklusif dan divergen untuk Mutu pendidikan anak usia dini harus ditingkatkan, khususnya pada bidang-bidang yang berhubungan dengan pengembangan keterampilan komunikasi verbal.