Memahami Kebutuhan Bimbingan Komunikasi untuk Anak Pra-Operasional

Authors

  • Aldilla Risyanindya Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dika Raihan Batara Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Iqlima Rahma Khairunnisa Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Raisa Putri Listiawati Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Sheryl Tania Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Siti Hamidah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.361

Keywords:

Anak Pra-Operasional, Bimbingan Komunikasi, Perkembangan Bahasa

Abstract

Anak-anak pada tahap pra-operasional memiliki ciri-ciri perkembangan kognitif yang spesifik dan ditandai dengan pemikiran konkret serta belum memiliki kemampuan melakukan operasi mental yang rumit. Anak cenderung menggunakan intuisi dan mengandalkan penampilan fisik sebagai panduan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki lebih lanjut kebutuhan komunikasi anak-anak pada tahap pra-operasional. Hal ini dilakukan dengan menemukan strategi bimbingan yang sesuai dan efektif. Metode Systematic Literature Review (SLR) dilakukan dengan cara mengumpulkan artikel-artikel jurnal yang memuat ide atau topik yang serupa. Analisis data menggunakan model PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses). Hasil analisis data menunjukkan bahwa perkembangan komunikasi pada anak pra-operasional dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti perkembangan otak dan kecerdasan anak, lingkungan keluarga, kondisi fisik, kondisi ekonomi, dan bilingualism (penggunaan 2 bahasa) serta penggunaan bahasa gaul yang sedang marak pada saat ini membuat perkembangan komunikasi pada anak tidak sesuai dengan yang perkembangan komunikasinya. Maka dari itu, baik dari pendidik maupun orang tua hendaknya membantu dan mengawasi perkembangan komunikasi anak dengan berbagai metode yang bisa diterapkan untuk membantu perkembangan komunikasi anak agar lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-12

How to Cite

Risyanindya, A., Batara, D. R., Khairunnisa, I. R., Listiawati, R. P., Tania, S., & Hamidah, S. (2024). Memahami Kebutuhan Bimbingan Komunikasi untuk Anak Pra-Operasional . Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.361

Citation Check