Implementasi Pembelajaran Science, Technologi, Engineering, Arts, & Mathematic (STEAM) dengan Memanfaatkan Media Loose Parts
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.306Abstract
Pembelajaran science, technology, engineering, arts, & mathematic (STEAM) merupakan pembelajaran yang belum banyak diterapkan oleh sekolah anak usia dini. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian di TK ABA Karang Kalasan yang sudah menerapkan pembelajaran tersebut dengan memanfaatkan media loose part. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan penilaian deskriptif, sehingga dapat mendeskripsikan kegiatan pembelajaran science, technology, engineering, arts, & mathematic (STEAM) dengan memanfaatkan media loose part. Sumber data adalah ketua Yayasan, kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Objek penelitian ini adalah implementasi pembelajaran STEAM. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, & Saldana (2014) yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) landasan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran STEAM; (3) faktor yang mempengaruhi pembelajaran STEAM di TK ABA Karang Kalasan.