PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DI SMK NEGERI 1 KALASAN UNTUK MENDUKUNG PERKEMBANGAN INDUSTRI KREATIF

Authors

  • Meila Hutami Kenanga Wulan
  • Titin Hera Widi Handayani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Teaching Factory di SMKNegeri 1 Kalasan dalam rangka mendukung perkembangan industri kreatif ditinjau dari persiapan,pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifkualitatatif. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Koordinator I Technopark,Koordinator Teaching Factory kompetensi keahlian Tata Boga dan 1 orang guru produktif. Hasilpenelitian menunjukan pada aspek perencanaan program kerja dan pembentukan Teaching Factorydan Technopark di SMK N 1 Kalasan Telah dilaksanakan berdasarkan dasar hukum dan perundanganyang kuat, dan program disusun berdasarkan hasil eveluasi. Aspek pengorganisasian dalampelaksanaan Teaching Factory tim Technopark telah membentuk tim untuk tiap-tiap unit sesuaidengan kompetensi keahlian bidang yang melibatkan pendidik didalamnya. Siswa . Pada AspekPelaksaan Teaching Factory terbagi sesuai dengan kompetensi bidang keahlian masing-masing.Siswa dilibatkan dalam proses produksi yang dilaksanakan sesuai dengan kondisi diindustri danterdapat kerjasama hyang luas antara sekolah dan industri. Aspek evaluasi dalam pelaksanaanTeaching Factory Terbagi dilaksanakan menjadi 2 bagian yaitu evaluasi menyeluruh dan evaluasipasca kegiatan dilaksanakan.

Published

2021-10-28

How to Cite

[1]
Wulan, M.H.K. and Handayani, T.H.W. 2021. PELAKSANAAN TEACHING FACTORY DI SMK NEGERI 1 KALASAN UNTUK MENDUKUNG PERKEMBANGAN INDUSTRI KREATIF. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana. 16, 1 (Oct. 2021).