Pengaruh Akuntansi Manajemen Lingkungan, Inovasi Hijau, dan Biaya Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaaan

Authors

September 2, 2025
September 30, 2025

Downloads

High corporate value is the ultimate goal of a company. However, companies need to consider environmental issues in achieving corporate value. This study hypothesizes that several environmental factors, such as environmental management accounting, green innovation, and environmental costs, can be tested against the dependent variable of corporate value. This quantitative study uses manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) from 2021 to 2023 as its research subjects. Multiple regression analysis was used in this study. The findings indicate that environmental management accounting and environmental costs do not influence corporate value, while green innovation has a positive influence on corporate value. The implications of this study are that companies need to support the development of green innovation, which is believed to enhance corporate value. Additionally, the results of this study encourage companies to consider factors beyond environmental management accounting and environmental costs in enhancing corporate value.

Keywords: Environmental Management Accounting, Green Innovation, Environmental Cost, Firm Value 

ABSTRAK

Nilai perusahaan yang tinggi merupakan tujuan akhir perusahaan. Namun perusahaan perlu memperhatikan isu lingkungan dalam mencapai nilai perusahaan. Penelitian ini menduga beberapa faktor lingkungan, seperti akuntansi manajemen lingkungan, inovasi hijau, dan biaya lingkungan yang dapat diuji terhadap variabel dependen nilai perusahaan. Penelitian kuantitatif ini menggunakan dengan objek penelitian perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2021-2023. Teknik analisis regresi berganda digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa akuntansi manajemen lingkungan dan biaya lingkungan tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan inovasi hijau memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Implikasi penelitian ini adalah perusahaan perlu mendukung pengembangan inovasi hijau yang diduga mampu meningkatkan nilai perusahaan. Selain itu, hasil penelitian ini juga mendorong perusahaan untuk mempertimbangkan faktor selain akuntansi manajemen lingkungan dan biaya lingkungan dalam meningkatkan nilai perusahaan.

Kata Kunci: Akuntansi Manajemen Lingkungan, Inovasi Hijau, Biaya Lingkungan, Nilai Perusahaan