PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI SARANA LEGITIMASI: DAMPAKNYA TERHADAP TINGKAT AGRESIVITAS PAJAK

Dwi Ratmono, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro
Winarti Monika Sagala, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro

Abstract


Abstrak: Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Sebagai Sarana Legitimasi: Dampaknya Terhadap Tingkat Agresivitas Pajak. Berdasar teori legitimasi, terdapat dugaan bahwa perusahaan menggunakan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dalam rangka menjaga citra (image) di mata masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan CSR  terhadap   agresivitas pajak. Hipotesis yang diajukan adalah pengungkapan CSR berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak dalam rangka menjaga citranya.  Penelitian  ini  bertujuan menguji generalisasi temuan  Lanis dan   Richardson (2012) dalam konteks Indonesia.  Sampel terdiri atas  perusahaan non-keuangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2011-2013 Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  semakin  rendah  tingkat pengungkapan   CSR suatu   perusahaan,   semakin   tinggi   tingkat   agresivitas pajaknya. Hasil ini memberikan dukungan empiris untuk teori legitimasi bahwa perusahaan selalu berusaha mendapat dukungan dari lingkungan institusionalnya.

 

Kata kunci: pengungkapan CSR, agresivitas pajak, effective tax rates, legitimasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v4i2.7997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dwi Ratmono, Winarti Monika Sagala

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Archive, Citation & Indexing:

   


 

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.