BALANCED SCORECARD DALAM INSTITUSI PENDIDIKAN LANJUT
DOI:
https://doi.org/10.21831/nominal.v8i2.26520Abstract
Abstrak: Balanced Scorecard dalam institusi pendidikan lanjut. Balanced scorecard tidak hanya dikenal sebagai alat pengukur kinerja multidimensional yang menggabungkan aspek keuangan dan keuangan dalam organisasi akan tetapi juga dikenal sebagai sistem stratejik manajemen yang terintegrasi. Berbagai literatur dan penelitian terdahulu telah menganalisa penerapan dan peran balanced scorecard dalam organisasi. Kemampuan balanced scorecard untuk menggabungkan aspek keuangan dan aspek non-keuangan memberikan kesempatan untuk penerapan yang lebih jauh dalam organisasi non-profit, salah satunya adalah institusi pendidikan. Berbeda dengan entitas bisnis lain, penting bagi institusi pendidikan untuk turut memasukkan 3 fungsi utamanya yang meliputi, pengajaran dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat ke dalam pengukuran kinerjanya. Paper ini bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian terdahulu terhadap penerapan dan pengembangan balanced scorecard dalam institusi pendidikan. Dengan memaparkan bagaimana fungsi institusi pendidikan dapat dipaparkan dalam perspektif balanced scorecard, paper ini diharapkan mampu memberikan gambaran dan acuan bagi penerapan balanced scorecard dalam institusi pendidikan.
Kata kunci: balanced scorecard, kinerja, perguruan tinggiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.