ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN NOMOR 13 PADA PUSKESMAS TEGALREJO YOGYAKARTA PERIODE 2016-2017

YUMAZAIN IZHHAR YOHAN, ABDULLAH TAMAN

Abstract


Abstrak: Analisis Rasio Keuangan Sebelum Dan Sesudah Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 13 Pada Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta Periode 2016-2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Rasio Keuangan ditinjau dari Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas, dan Rasio Aktivitas sebelum dan sesudah penerapan PSAP Nomor 13 pada Pelaporan Keuangan Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis komparatif sederhana pada Pelaporan Keuangan Puskesmas Tegalrejo dengan menggunakan Rasio Keuangan tahun 2016-2017 yang meliputi Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas, serta Rasio Aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rasio Solvabilitas tahun 2016 dan 2017 Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta diperoleh hasil bahwa analisis Rasio Likuiditas pada Puskesmas Tegalrejo mengalami penurunan, hasil Rasio Solvabilitas diperoleh meningkat. Sementara hasil Rasio Profitabilitas cenderung mengalami peningkatan, serta rasio aktivitas mengalami penurunan.

 

Kata Kunci: Laporan Keuangan, Penyajian Laporan Keuangan, Rasio Keuangan, Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas, Rasio Aktivitas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v8i1.24502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index sitasi:

 


Creative Commons License
Jurnal Nominal by Jurnal Nominal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal.