PENGARUH IQ, EQ DAN SQ TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA MENGENAI AKUNTANSI KREATIF

Authors

  • Deska Amarilia Risela Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14332

Abstract

Pengaruh IQ, EQ Dan SQ Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Mengenai Akuntansi Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh IQ (Kecerdasan Intelektual), EQ (Kecerdasan Emosional) dan SQ (Kecerdasan Spiritual) terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan.  Desain penelitian ini termasuk dalam penelitian kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Pemilihan sampel melalui purposive sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah 110. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif IQ terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan, (2) Terdapat pengaruh positif EQ terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan, (3) Terdapat pengaruh positif SQ terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan, dan (4) Terdapat pengaruh positif IQ, EQ dan SQ terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Mengenai Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan

 

Kata kunci: IQ, EQ, SQ, Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi, Praktik Akuntansi Kreatif di Perusahaan

Downloads

Published

2017-06-05

How to Cite

[1]
Risela, D.A. 2017. PENGARUH IQ, EQ DAN SQ TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA MENGENAI AKUNTANSI KREATIF. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen. 6, 1 (Jun. 2017), 50–65. DOI:https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14332.