GAMBARAN MOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAK PADA KELUARGA PETANI DIJORONG DAMAGADANG TANJUNG SANI KABUPATEN AGAM
DOI:
https://doi.org/10.21831/diklus.v3i1.24887Keywords:
Gambaran, Motivasi, Orang TuaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berhasilnya pendidikan anak pada keluarga petani yang diduga berhubungan dengan motivasi orang tua dalam menyekolahkan anaknya. Tujuan penelitian ini adalah mendeksripsikan motivasi orang tua dalam menyekolahkan anak pada keluarga petani secara intrinsik dan ekstrinsik di Jorong Dama Gadang Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga masyarakat yang bekerja sebagai petani yang ada di Jorong Dama Gadang Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam sebanyak 130 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 33 orang yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, dan teknik analisis yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi orang tua dalam menyekolahkan anaknya secara intrinsik menunjukan angka tertinggi dan motivasi ekstrinsik juga tinggi.
References
Dimyati, dkk. (1999). Belajar Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Handoko. (1986). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hasbullah. (2001). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Koentjaraningrat. (1996). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta
Margono. (1996). Metodologi Penelitian Pendidikan. Semarang: Rineka Cipta.
Mawardi. (2001). Gaya Bahasa Kiasan Novel Rinai Kabut Singgalang Karya Muhammad Subhan dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra. Skripsi. FBSS UNP. Padang
M.Z.Lawang .(2012).nilai-menurut-para-ahli.http://www.bangmu2.Com/
/ 12/nilai- menurut-para
ahli.html. (diakses 28 juni
Purwanto, M. Ngalim. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Retno. (2002). Deskripsi Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII Smpn 9 Payakumbuh Dengan Menggunakan Metode Objek Langsung Dan Media Gambar. Skripsi. FBSS UNP. Padang
Sarwono. (1993). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang
Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta :
Depdikbud. (www. Google. com diakses pada tanggal 20 januari 2013)
Waldito, Putra. (1997): Deskripsi Kemampuan Berfikir Siswa Kelas VIII Smpn 7
Bukittinggi Dengan Menggunakan Metode Objek Langsung Dan Media Gambar. FBSS. UNP. Padang
Winkel, Ws. (1984). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
![]() | Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |