Peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini melalui media bermain memancing

Authors

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya meningkatkan perkembangan kognitif anak melalui media bermain memancing pada anak kelompok B di TK Miftahul Huda, Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Miftahul Huda. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kognitif anak sebelum tindakan masih dalam kategori mulai berkembang yakni 58,55%; hasil penelitian siklus I mencapai 69,62% dalam kategori berkembang dan siklus II mencapai 80,99% dalam kategori sangat berkembang; penggunaan media bermain memancing mempunyai dampak sangat baik ditunjukkan dengan perkembangan kognitif anak yang mengalami perkembangan sangat baik dibandingkan sebelum tindakan

Kata kunci: perkembangan kognitif, anak usia dini, media bermain memancing.

 

Improving early childhood cognitive development through fishing games

 

Abstract

This study aims to know the process and result of the lesson to improve cognitive development through fishing games for group B children of kindergarten Miftahul Huda Cilacap District.This research was a kind of classroom action research.This study used the Kemmis and Taggart's design. Each cycle consists of four phases: planning, action, observation, and reflection. The research subjects are group B children of Kindergarten Miftahul Huda. The data collection techniques included observation, interviews, and documentation study. The collected data were analyzed using descriptive qualitative and quantitative methods. The results of the study show that the cognitive development of child before the action is still in the category of beginning to developing, that is 58,55%; the results first cycle reaches69,62% in the category of developing and the second cyclereaches 80,99%  in a category of highly developed; the use of fishing games has  a very good impact on cognitive development shown by the cognitive development of the children, which is higher after the action compared to that before the action.

Keywords: cognitive development, early child, fishing game.