Dampak Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Lokal terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa

Authors

  • Alya Farhana Maulida Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Anik Ghufron Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.89761

Keywords:

Bangun datar, Budaya lokal, Pemahaman konsep, Pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak model pembelajaran matematika berbasis budaya lokal (PMBBL) terhadap pemahaman konsep bangun datar siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian didasari rendahnya pemahaman siswa akibat dominasi metode direct instruction. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group, melibatkan 48 siswa kelas V pada salah satu SDN di  Kabupaten Tanah Laut yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen berupa tes pemahaman konsep dengan analisis uji normalitas, homogenitas, uji paired sample t-test, uji independent sample t-test, dan n-Gain. Hasil menunjukkan rata-rata posttest kelompok eksperimen (83,13) lebih tinggi dari kontrol (72,29). Uji paired sample t-test dan independent sample t-test memperoleh sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sedangkan n-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,53 (kategori sedang). Temuan ini membuktikan PMBBL efektif meningkatkan pemahaman konsep sekaligus menghadirkan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Hal ini sejalan dengan salah tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Quality Education (Pendidikan Berkualitas), yang menekankan pada peningkatan kualitas pembelajaran, dan mendorong pembelajaran bermakna.

Author Biographies

Alya Farhana Maulida, Universitas Negeri Yogyakarta

Merupakan lulusan S1 Pendidikan Matematika Universitas Lambung Mangkurat tahun 2023 dan melanjutkan Magister (S2) di Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Yogyakarta. Ia dapat dihubungi melalui email: alyafarhanam@gmail.com

Anik Ghufron, Universitas Negeri Yogyakarta

Merupakan dosen aktif di program studi Magister Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Yogyakarta. Riwayat pendidikan beliau untuk (Sarjana) S1 adalah Teknologi Pendidikan IKIP Yogyakarta. Lalu melanjutkan Magister (S2) Pengembangan Kurikulum IKIP Bandung, Doktor (S3) Pengembangan Kurikulum IKIP Bandung. Beliau dapat dihubungi melalui email: anikghufron@uny.ac.id

References

Alea, A. K., & Amidi, A. (2024). Kajian teori: Kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari rasa ingin tahu siswa pada model meaningful instructional design berbantuan permainan bingo. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 112–118.

Apriliyana, D. A., Masfu’ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis pemahaman konsep matematika siswa kelas V pada materi bangun ruang. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4166–4173. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2149

Atmaja, T. S. (2023). Upaya meningkatkan nasionalisme peserta didik melalui pembelajaran berbasis budaya. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 4335–4344.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622.

Baharullah, B., & Satriani, S. (2021). Pengembangan model pembelajaran matematika berbasis budaya A’Bulo Sibatang. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 175–190. https://doi.org/10.31941/delta.v9i2.1284

Darma, B. (2021). Statistika penelitian menggunakan SPSS (Uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji F, R2). Guepedia.

Dewi, N. A., & Ramadan, Z. H. (2021). Local wisdom-based thematic teaching materials. Journal of Education Technology, 5(3), 443–451.

Fatimah, S., Fajriyah, R. Z., Zahra, F. F., & Prasetyo, S. P. (2024). Integrasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar berbasis kesenian tari budaya Lampung. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1631–1640. http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.3721

Fitriani, F., & Andhany, E. (2025). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika bunga bale melayu pada materi kekongruenan dan kesebangunan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(2), 369–379. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.88442

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research. Pearson Education, Inc.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan pemahaman matematis siswa berdasarkan teori Skemp ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765.

Humaida, N., Aula, M., Nida, N. H., & Islam, U. A. N. (2020). Pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan dalam perspektif Islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 18(1), 131–154. https://doi.org/10.18592/khazanah.v18i1.3483

Hutabarat, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep bangun datar di kelas V SD Negeri 384 Sikapas Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Johnson, S. N., & Gallagher, E. D. (2021). An early exploration of undergraduate student definitions of learning, memorizing, studying, and understanding. Advances in Physiology Education, 45(2), 342–352. https://doi.org/10.1152/advan.00082.2020

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of teaching (9th ed.). Pearson.

Kurniawan, H., Purwoko, R. Y., & Setiana, D. S. (2023). Integrating cultural artifacts and tradition from remote regions in developing mathematics lesson plans to enhance mathematical literacy. Journal of Pedagogical Research, 8(1), 61–74. https://doi.org/10.33902/JPR.202423016

Lestari, S. A. P., Kusumaningrum, D. S., & Nurapriani, F. (2024). Integrasi etnomatematika dalam pembelajaran bangun datar segi empat berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman matematika. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 161–171. https://doi.org/10.53621/jippmas.v4i2.369

Magdalena, I., Fitroh, A., Fadhilah, D., Habsah, D., & Qodrawati, R. (2023). Mengelola data uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian pendidikan: Instrumen tes dan non tes peserta didik kelas IV SDN Pondok Kacang Barat 03. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 1(2), 49–53. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/18

Melisari, M., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika sekolah dasar pada materi bangun datar. Jurnal Cendekia, 4(1), 172–182.

Muhammad, A. F. N., Marsigit, M., & Soeharto, S. (2021). Learning the concept of two-dimensional figure through Borobudur artifacts for lower graders of elementary school mathematics. Ethnomathematics Journal, 2(2), 43–50. https://doi.org/10.21831/ej.v2i2.39885

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Mulyono, N. (2018). Kurikulum dan pembelajaran. Rizqi Press.

Muthma’innah, M. I. (2022). Kesulitan belajar matematika materi bangun datar siswa sekolah dasar. TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 2(2). https://doi.org/10.61456/tjie.v2i2.77

Pratama, F. I., Rohaeti, E., & Laksono, E. W. (2025). Building sustainable education with the literacy and research-oriented cooperative problem-based learning: A bridge in the activeness of chemistry education students. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(Special_issue), 61–68. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88392

Rifa, R., & Dahliyah, C. (2018). Meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMPN Satu Atap 8 Banjarsari melalui pendidikan matematika realistik Indonesia. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1).

Risdiana, Y. E., Sasomo, B., & Mashuri, A. (2025). Efektivitas pendekatan kontekstual bermuatan kearifan lokal terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(1), 140–148. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84578

Ruek, V. S. D. S., & Padmasari, E. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada rumah adat tradisional Bubungan Tinggi Kalimantan Selatan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 262–271.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia: Analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Siahaan, N. (2018). Model pembelajaran berbasis kearifan lokal.

Siregar, D. A. N., Pasaribu, E., & Napitupulu, R. (2022). Pengaruh model pembelajaran modelling the way terhadap hasil belajar siswa pada subtema I organ gerak hewan di kelas V SD Negeri 102068 Kampung Dame Kecamatan Dolok Masihul. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 123–134.

Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Sutrisno, E. N., & Saija, L. M. (2021). Eksplorasi etnomatematika motif batik Lampung pada penerapan materi grafik fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(2), 77–82.

Tanu, I. K. (2016). Pembelajaran berbasis budaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i1.59

Downloads

Published

2025-10-16

How to Cite

Maulida, A. F., & Ghufron, A. (2025). Dampak Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Lokal terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 409–418. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.89761

Citation Check