Pengaruh Praktikum Green Chemistry terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kesadaran Lingkungan pada Materi Faktor Laju Reaksi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89688

Keywords:

Faktor laju reaksi, Green chemistry, Kesadaran lingkungan, Keterampilan proses sains, Praktikum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keterampilan proses sains dan kesadaran lingkungan antara siswa yang mengikuti praktikum green chemistry dengan siswa yang mengikuti praktikum konvensional sesuai yang diterapkan di sekolah secara simultan dan terpisah, serta mengetahui sumbangan efektifnya pada materi faktor laju reaksi. Jenis penelitian adalah quasi-eksperimen dengan posttest-only. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian meliputi soal uraian dan lembar observasi keterampilan proses sains, serta angket kesadaran lingkungan. MANOVA digunakan pada analisis data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan proses sains dan kesadaran lingkungan antara siswa yang mengikuti praktikum green chemistry dengan yang mengikuti praktikum konvensional. Praktikum green chemistry memberikan sumbangan efektif sebesar 29,3% secara simultan, 4,7% terhadap keterampilan proses sains, dan 28,3% terhadap kesadaran lingkungan. Penelitian ini juga mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) mengenai pendidikan berkualitas melalui penguatan keterampilan proses sains, serta konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, melalui praktik laboratorium ramah lingkungan.

Author Biographies

Izza Kamilah, Universitas Negeri Yogyakarta

Lahir pada tanggal 20 Februari 1998, Pendidikan S1 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Program Studi S1 Pendidikan Kimia. Melanjutkan studi S2 di Universitas Negeri Yogyakarta. Penulis dapat dihubungi di izza0091fmipa.2020@student.uny.ac.id.

Isana Supiah Yosephine Louise, Universitas Negeri Yogyakarta

Merupakan dosen di Universitas Negeri Yogyakarta yang memiliki fokus di bidang Kimia Fisika. Penulis dapat dihubungi di isana_supiah@uny.ac.id

References

Adiningsih, M. D., Karyasa, I. W., & Muderawan, I. W. (2019). Profil keterampilan proses sains siswa dalam praktikum titrasi asam basa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 94–102. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

Al-Idrus, S. W., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pendekatan green chemistry dalam modul praktikum kimia lingkungan untuk meningkatakan kreatifitas mahasiswa calon guru kimia. Chemistry Education Practice, 3(2), 69. https://doi.org/10.29303/cep.v3i2.2110

Anggraeni, D. A. R., & Moersilah. (2024). The influence of green chemistry activities on students’ environmental care attitudes. Journal of Education for Sustainable Development Studies, 1(1), 41–50.

Anggraeni, E. S., Putri, R. A., Tristania, A. W., Maharani, T., Wirhanuddin, & Rahmadani, A. (2024). Kajian literatur penerapan kimia hijau dan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam pembelajaran kimia. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 7(2), 604–616.

Anggraini, R., Utaya, S., & Ruja, I. N. (2024). Empowering students as environmental stewards: awareness, adaptation, and involvement in conservation at adiwiyata schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(4). https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5883

Anjiana, R., Yuliastuti, I., Rayahu, A., Kristiani, Y., & Mustofa, R. F. (2025). Optimasi penggunaan laboratorium ipa di smp: evaluasi ketersediaan sarana prasarana laboratorium dan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(1), 103–113. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84339

Arfianti, A., Suhartini, E., Haerani, R. P. R., & Septika, H. D. (2025). E-modul berbasis socio-scientific issues “aqua wise” dalam mendukung sdgs clean water and sanitation. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 46–60. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88329

Arifin, U. F., Hadisaputro, S., & Susilaningsih, E. (2015). Pengembangan lembar kerja praktikum siswa terintegrasi guided inquiry untuk keterampilan proses sains. Chemistry in Education, 4(1), 54–60. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined

Armstrong, L. B., Rivas, M. C., Douskey, M. C., & Baranger, A. M. (2018). Teaching students the complexity of green chemistry and assessing growth in attitudes and understanding. Current Opinion in Green and Sustainable Chemistry, 13, 61–67. https://doi.org/10.1016/j.cogsc.2018.04.003

Aubrecht, K. B., Bourgeois, M., Brush, E. J., Mackellar, J., & Wissinger, J. E. (2019). Integrating green chemistry in the curriculum: building student skills in systems thinking, safety, and sustainability. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.9b00354

Awoyode, T. (2024). Awareness and application of green chemistry principles in promoting environmental sustainability among secondary school students in lagos state. University of Lagos. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23275.14886

Cahyani, M. D., Gusman, T. A., & Akbar, A. Y. (2024). Profile of green chemistry on chemistry education students: study on developing green chemistry practical module to support sustainable development goals (sdgs). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(10), 7954–7959. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i10.7796

Chamidah, A. N., & Mulyanti, S. (2021). Green chemistry-based reaction rate practice through online media: an analysis of teachers’ and students’ responses. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(2). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/8452

Chowdhury, M. (2016). Emphasizing morals, values, ethics, and character education in science education and science teaching. The Malaysian Online Journal of Educational Sciemce, 4(2), 1–16.

Dina, D., Fillaeli, A., & Jayanti, A. A. (2017). Waste-wise education: impact on zero waste awareness and practices. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2023(2), 20–27. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i1.10111

Dwianto, A., Wilujeng, I., Prasetyo, Z. K., & Suryadarma, I. G. P. (2017). The development of science domain based learning tool which is integrated with local wisdom to improve science process skill and scientific attitude. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 23–31. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.7205

Fitri, A. N. (2021). Pengembangan media mobile learning pada materi asam basa berbasis green chemistry untuk meningkatkan prestasi belajar dan kesadaran lingkungan peserta didik. Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fitri, Z. N., Burhanuddin, & A, Y. A. S. (2024). Feasibility of teaching module in curriculum merdeka integrated green chemistry to improve science process skills and student learning independence. Journal of Science and Science Education, 5(1), 50–54. https://doi.org/10.29303/jossed.v5i1.6762

H Taha, V, S., Y, K. Y., A, Y., T, L. T., & I, M. D. M. (2019). Impact of student-initiated green chemistry experiments on their knowledge, awareness and practices of environmental sustainability. Journal of Physics: Conference Series, 1156(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1156/1/012022

Inayah, S., & Dasna, I. W. (2022). Implementasi green chemistry dalam pembelajaran kimia: literatur review. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(1). http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/hydrogen/

Isnaini, M., & Yonata, B. (2021). Pengengembangan lkpd inkuiri terbimbing berpendekatan nested untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi laju reaksi. Chemistry Education Practice, 4(2), 153–159. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2334

Junita, S., Halim, A., & Marlina. (2016). Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (stm) untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap lingkungan pada pembelajaran kimia materi asam basa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 129–139.

Karpudewan, M., Michael Roth, W., & Sinniah, D. (2016). The role of green chemistry activities in fostering secondary school students’ understanding of acid-base concepts and argumentation skills. Chemistry Education Research and Practice, 17(4), 893–901. https://doi.org/10.1039/c6rp00079g

Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Kimia Fase E - Fase F untuk SMA/MA/Program Paket C. Kemendikbud RI

Kieftiany, V. (2023). Pentingnya kesadaran lingkungan dalam kimia untuk menuju penggunaan bahan ramah lingkungan. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4).

Kusuma, A. E., & Rusmansyah. (2021). Analysis of science process skills for senior high school students in banjarmasin. Proceedings of the 2nd International Conference on Innovation in Education and Pedagogy (ICIEP 2020).

Listyarini, R. V., Pamenang, F. D. N., Harta, J., Wijayanti, L. W., Asy’ari, M., & Lee, W. (2019). The integration of green chemistry principles into small scale chemistry practicum for senior high school students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 371–378. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i3.19250

Mauliza, Nurhafidhah, & Hasby. (2021). Analisis integrasi nilai karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab dalam buku ajar kimia sma. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 181–190. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18332

Mellyzar, Nahadi, Sriyati, S., & Hernani. (2025). Evaluation of the environmental chemistry course using the cipp model: integrating sdgs and enhancing students’ environmental literacy. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(1), 47–64. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.81825

Mitarlis, Azizah, U., & Yonata, B. (2023). The integration of green chemistry principles in basic chemistry learning to support achievement of sustainable development goals (sdgs) through education. Journal of Technology and Science Education, 13(1), 233–254. https://doi.org/10.3926/jotse.1892

Muthmainah, Nurmiyati, & Dwiastuti, S. (2016). Pengaruh penggunaan modul berbasis potensi lokal pada topik ekosistem terhadap pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan siswa kelas x. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 293–298.

Nuswowati, M., Susilaningsih, E., Ramlawati, & Kadarwati, S. (2017). Implementation of problem-based learning with green chemistry vision to improve creative thinking skill and students’ creative actions. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 221–228. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.9467

Pada, A., Chanunan, S., & Rahmat, I. (2025). Fostering environmental awareness through sustainable development goal-oriented ethno-stem approach in elementary education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 14(3). https://doi.org/10.15294/jpii.v14i3.24420

Pratama, F. I., Rohaeti, E., & Laksono, E. W. (2025). Building sustainable education with the literacy and research-oriented cooperative problem-based learning: A bridge in the activeness of chemistry education students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 61–68. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.88392

Purwanto, A., Moersilah, & Ula, F. R. (2020). Pengaruh model pembelajaran learning cycle 7e terhadap keterampilan proses sains siswa kelas xi pada materi larutan asam dan basa terintegrasi pendidikan lingkungan hidup. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 1(1), 63–69.

Putera, D. B. R. A., Muharrani, L. K., & Hadi, W. P. (2021). Pengaruh metode belajar vak dalam pembelajaran kooperatif tipe nht untuk meningkatkan aktivitas siswa pada materi laju reaksi. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 113–121.

Redhana, I. W., & Merta, L. M. (2017). Metode praktikum kimia hijau untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik laju reaksi. Cakrawala Pendidikan, 3, 382–403. https://www.researchgate.net/publication/371278621

Redhana, I. W., & Suardana, I. N. (2021). Green chemistry practicums at chemical equilibrium shift to enhance students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(1), 691–708. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14142A

Sadewo, M. A. I. (2022). Pengembangan science application (sciapp) berorientasi potensi lokal kawasan kolam budidaya ikan untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dan keterampilan proses sains peserta didik. Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Santosa, N. K. Y., Sulistyowati, L., & Aji, S. S. (2024). Penerapan kimia hijau dan pengetahuan lingkungan serta keterkaitannya dengan perilaku peduli lingkungan. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 12(2), 351.

Savitri, E. N., Wusqo, I. U., Ardhi, M. W., & Putra, P. D. (2017). Enhancement of science students’ process skills through implementation of green learning method (gelem) with conservation-based inquiry approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 237–244. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11286

Sholihah, Z., & Azizah, U. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi laju reaksi. Unesa Journal of Chemical Education, 8(2), 106–112.

Sriyati, S., Ivana, A., & Pryandoko, D. (2021). Pengembangan sumber belajar biologi berbasis potensi lokal dadiah untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 168–180. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18783

Supahar, Rosana, D., Ramadani, M., & Dewi, D. K. (2017). The instrument for assessing the performance of science process skills based on nature of science (nos). Jurnal Cakrawala Pendidikann, 36(3), 435–445.

Supatmi, S. (2022). Peningkatan keterampilan proses sains melalui praktikum kimia berbasis skala mikro materi stoikiometri. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), 47–57. https://doi.org/10.21009/jrpk.121.07

Tanti, Kurniawan, D. A., Kuswanto, Utami, W., & Wardhana, I. (2020). Science process skills and critical thinking in science: Urban and rural disparity. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 489–498. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.24139

Tanti, Kurniawan, D. A., Wirman, R. P., Dari, R. W., & Yuhanis, E. (2020). Description of student science process skills on temperature and heat practicum. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(1), 88–101. https://doi.org/10.21831/pep

Tirmizi, A., & Rahmanpiu. (2021). Pengembangan media pembelajaran virtual lab dalam praktikum laju reaksi 1. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 6(3). https://doi.org/10.36709/jpkim%20uho.v6i3.19777

Tivani, I., & Paidi, P. (2016). Pengembangan lks biologi berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 35. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.8804

Wahyuni, S., Indrawati, I., Sudarti, S., & Suana, W. (2017). Developing science process skills and problem-solving abilities based on outdoor learning in junior high school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 165–169. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.6849

Wang, M. Y., Li, X. Y., & He, L. N. (2018). Green chemistry education and activity in china. Current Opinion in Green and Sustainable Chemistry, 13, 123–129. https://doi.org/10.1016/j.cogsc.2018.07.001

Wismaningati, P., Nuswowati, M., Sulistyaningsih, T., & Eisdiantoro, S. (2019). Analisis keterampilan proses sains materi koloid melalui pembelajaran berbasis proyek bervisi sets. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2287 – 2294.

Yusra, R. A., Kusumah, F. H., & Suryadi, A. (2025). Pengaruh PjBL-STEM terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Energi Terbarukan dalam Mendukung Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 26–37. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.86537

Zuin, V. G., Eilks, I., Elschami, M., & Kümmerer, K. (2021). Education in green chemistry and in sustainable chemistry: perspectives towards sustainability. Green Chemistry, 23(4), 1594–1608. https://doi.org/10.1039/d0gc03313h

Downloads

Published

2025-09-26

How to Cite

Kamilah, I., & Louise, I. S. Y. (2025). Pengaruh Praktikum Green Chemistry terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kesadaran Lingkungan pada Materi Faktor Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(Special_issue), 247–259. https://doi.org/10.21831/jpms.v13iSpecial_issue.89688

Citation Check