Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Means-end Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Erlinawati Erlinawati Universitas Lampung, Indonesia
  • Nurhanurawati Nurhanurawati Universitas Lampung, Indonesia
  • Sri Hastuti Noer Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.86659

Keywords:

Kemampuan berpikir kritis, Means-end analysis, Pengembangan media

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Means-end Analysis (MEA) yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di salah satu MAN di Pesawaran. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA, sebanyak 30 peserta didik termasuk dalam kelompok eksperimen dan 30 peserta didik termasuk dalam kelompok kontrol. LKPD berbasis MEA yang dikembangkan dalam bentuk cetak sehingga memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk menggunakan dan mengaksesnya. MEA merupakan variasi dari pembelajaran pemecahan masalah yang membagi permasalahan menjadi current state, goal state, subgoal, dan penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis MEA yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Author Biographies

Erlinawati Erlinawati, Universitas Lampung

Merupakan mahasiswa program studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Lampung. Penulis dapat dihubungi melalui email erlina6111@gmail.com

Nurhanurawati Nurhanurawati, Universitas Lampung

Merupakan dosen di program studi Magister Pendidikan Matematika. Beliau merupakan alumni S1 Universitas Lampung, kemudian melanjutkan S2 dan S3 di Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Penulis dapat dihubungi melalui email nurhanurawati94@gmail.com

Sri Hastuti Noer, Universitas Lampung

Merupakan dosen aktif di program studi Magister Pendidikan Matematika. Beliau merupakan alumni Universitas Lampung pada jenjang sarjana, kemudian melanjutkan program pascasarjana S2 dan S3 nya di Universitas Pendidikan Indonesia. Penulis dapat dihubungi melalui email hastuti_noer@yahoo.com

References

Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis pentingnya keterampilan berpikir kritis terhadap pembelajaran bagi siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20). 664–669 https://doi.org/10.5281/zenodo.8436970

Ariyanti, D., Isnaniah, I., & Jasmienti, J. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran means-end analysis terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas viii smp n 1 Rao tahun pelajaran 2018/2019. Journal for Research in Mathematic Learning, 2(2), 111–117. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7344

Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Asviangga, A. B., Sunardi., & Trapsilasiwi, D. (2018). Analisis kemampuan 4C’s siswa dalam menyelesaikan soal matematika berpikir tingkat tinggi. Jurnal Kadikma, 9(1), 17-23.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Dwyer, C. P., Hogan, M. J., & Stewart, I. (2014). An integrated critical thinking framework for 21st century. Thinking Skill and Creativity. http://www.elsevier.com/locate/tsc

Erlinawati., & Bharata, H. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa berkemampuan tinggi di madrasah aliyah. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 112-124. http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2393

Gusyanti, C., & Sujarwo. (2021). Analisis Lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Cybernetics: Journal Research and Educational Studies, 2(4), 123-130. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i4.320

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: a six-thousand-Student survey of mechanics test data for introductory physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74. doi: 10.1119/1.18809

Harnaeny, U., Afina, A., & Nusantari, D. O. (2019). Pengaruh model pembelajaran means end analysis terhadap kemampuan berpikir kritis Matematika. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 127-134

Huda, M. (2017). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kumala, F. N., Yasa, A. D., & Samudra, R. D. (2022). Elementary clarification analysis (critical thinking skill) elementary school student based on grade and learning method. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(3),459-467. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i3.47366

Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2020). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis problem based learning pada siswa kelas v sd. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 255–269. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4395

Magdalena, T., & Surya E. (2017). Pengaruh model pembelajaran means end analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi spldv pada kelas x sma. https://www.researchgate.net/publication/321831951

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari. (2018). Identifikasi kesiapan lkpd guru terhadap keterampilan abad 21 pada pembelajaran ipa smp. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2), 124-128. DOI: 10.29303/jipp.v3i2.20

Nahar, L., & Machado, C. (2025). Inquiry-based learning in Bangladesh: insight into middle and high school students’ experiences and 21st century skill development. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 7(2), https://doi.org/10.1186/s43031-025-00122-2

Rahayu, B. N. A. & Dewi, N. R. (2022). Kajian teori: kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari rasa ingin tahu pada model pembelajaran preprospec berbantu TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 5, 297-303

Ramdan, Z. M. (2018). Analisis self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK pada materi barisan dan deret. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 7(2), 171-179

Sakinah, E., Hodidjah., & Lidinillah, D. A. M. (2018). Penggunaan model means end analysis (MEA) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 149-156.

Samura, A. O. (2019). Kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20-28.

Saputro, S. D., Tukiran., & Supardi, Z. A. I. (2022). Design clarity learning model to improve advance clarification ability on physics courses. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(5), 1549-1566

Sari, Y. N. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran means ends analysis menggunakan media video terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Profit, 5(1)

Sharma, M., Doshi, B. M., Verma, M., Verma, A. K. (2022). Strategies for developing critical-thinking capabilities. World Journal of English Language, 12(3), https://doi.org/10.5430/wjel.v12n3p117

Shirmard, F. O., & Howe, E. R. (2024). “What does critical thinking mean to you?” a narrative inquiry of graduate student’s perceptions. Journal of Comparative & International Higher Education, 16(4), 32-44, DOI: 10.32674/jcihe.v16i4.5459

Shoimin, A. (2017). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Sobiroh, N. I., & Suwarno. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran model means ends analysis untuk mengajarkan koneksi matematis peserta didik. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 120–134. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.756

Sudarman, S. W., & Linuhung, N. (2021). Penerapan pembelajaran MEA (means-end analysis) berbantuan schoology untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Derivat, 8(1), 32-40

Umar, W. (2017). Constructing means end analysis instruction to improve students critical thinking ability and mathematical habits of mind dispositions. International Journal of Education and Research, 5(2), 261-271

Wale, B. D. & Bishaw, K. S. (2020). Effect of using inquiry-based learning on EFL student’s critical thinking skills. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 5(9), https://doi.org/10.1186/s40862-020-00090-2

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Erlinawati, E., Nurhanurawati, N., & Noer, S. H. (2025). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Means-end Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 253–264. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.86659

Citation Check