Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Means-end Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.86659Keywords:
Kemampuan berpikir kritis, Means-end analysis, Pengembangan mediaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Means-end Analysis (MEA) yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di salah satu MAN di Pesawaran. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA, sebanyak 30 peserta didik termasuk dalam kelompok eksperimen dan 30 peserta didik termasuk dalam kelompok kontrol. LKPD berbasis MEA yang dikembangkan dalam bentuk cetak sehingga memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk menggunakan dan mengaksesnya. MEA merupakan variasi dari pembelajaran pemecahan masalah yang membagi permasalahan menjadi current state, goal state, subgoal, dan penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis MEA yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
References
Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis pentingnya keterampilan berpikir kritis terhadap pembelajaran bagi siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20). 664–669 https://doi.org/10.5281/zenodo.8436970
Ariyanti, D., Isnaniah, I., & Jasmienti, J. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran means-end analysis terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas viii smp n 1 Rao tahun pelajaran 2018/2019. Journal for Research in Mathematic Learning, 2(2), 111–117. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i2.7344
Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Asviangga, A. B., Sunardi., & Trapsilasiwi, D. (2018). Analisis kemampuan 4C’s siswa dalam menyelesaikan soal matematika berpikir tingkat tinggi. Jurnal Kadikma, 9(1), 17-23.
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Dwyer, C. P., Hogan, M. J., & Stewart, I. (2014). An integrated critical thinking framework for 21st century. Thinking Skill and Creativity. http://www.elsevier.com/locate/tsc
Erlinawati., & Bharata, H. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa berkemampuan tinggi di madrasah aliyah. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 112-124. http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2393
Gusyanti, C., & Sujarwo. (2021). Analisis Lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Cybernetics: Journal Research and Educational Studies, 2(4), 123-130. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i4.320
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: a six-thousand-Student survey of mechanics test data for introductory physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74. doi: 10.1119/1.18809
Harnaeny, U., Afina, A., & Nusantari, D. O. (2019). Pengaruh model pembelajaran means end analysis terhadap kemampuan berpikir kritis Matematika. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 127-134
Huda, M. (2017). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kumala, F. N., Yasa, A. D., & Samudra, R. D. (2022). Elementary clarification analysis (critical thinking skill) elementary school student based on grade and learning method. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(3),459-467. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i3.47366
Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2020). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis problem based learning pada siswa kelas v sd. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 255–269. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4395
Magdalena, T., & Surya E. (2017). Pengaruh model pembelajaran means end analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi spldv pada kelas x sma. https://www.researchgate.net/publication/321831951
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari. (2018). Identifikasi kesiapan lkpd guru terhadap keterampilan abad 21 pada pembelajaran ipa smp. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2), 124-128. DOI: 10.29303/jipp.v3i2.20
Nahar, L., & Machado, C. (2025). Inquiry-based learning in Bangladesh: insight into middle and high school students’ experiences and 21st century skill development. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 7(2), https://doi.org/10.1186/s43031-025-00122-2
Rahayu, B. N. A. & Dewi, N. R. (2022). Kajian teori: kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari rasa ingin tahu pada model pembelajaran preprospec berbantu TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 5, 297-303
Ramdan, Z. M. (2018). Analisis self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK pada materi barisan dan deret. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 7(2), 171-179
Sakinah, E., Hodidjah., & Lidinillah, D. A. M. (2018). Penggunaan model means end analysis (MEA) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 149-156.
Samura, A. O. (2019). Kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20-28.
Saputro, S. D., Tukiran., & Supardi, Z. A. I. (2022). Design clarity learning model to improve advance clarification ability on physics courses. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(5), 1549-1566
Sari, Y. N. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran means ends analysis menggunakan media video terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Profit, 5(1)
Sharma, M., Doshi, B. M., Verma, M., Verma, A. K. (2022). Strategies for developing critical-thinking capabilities. World Journal of English Language, 12(3), https://doi.org/10.5430/wjel.v12n3p117
Shirmard, F. O., & Howe, E. R. (2024). “What does critical thinking mean to you?” a narrative inquiry of graduate student’s perceptions. Journal of Comparative & International Higher Education, 16(4), 32-44, DOI: 10.32674/jcihe.v16i4.5459
Shoimin, A. (2017). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Sobiroh, N. I., & Suwarno. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran model means ends analysis untuk mengajarkan koneksi matematis peserta didik. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 120–134. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.756
Sudarman, S. W., & Linuhung, N. (2021). Penerapan pembelajaran MEA (means-end analysis) berbantuan schoology untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Derivat, 8(1), 32-40
Umar, W. (2017). Constructing means end analysis instruction to improve students critical thinking ability and mathematical habits of mind dispositions. International Journal of Education and Research, 5(2), 261-271
Wale, B. D. & Bishaw, K. S. (2020). Effect of using inquiry-based learning on EFL student’s critical thinking skills. Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 5(9), https://doi.org/10.1186/s40862-020-00090-2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.