Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Software Articulate Storyline 3 pada Materi Luas Lingkaran

Authors

  • Handika STKIP Muhammadiyah Pagaralam, Indonesia
  • Widiawati STKIP Muhammadiyah Pagaralam, Indonesia
  • Indah Widyaningrum STKIP Muhammadiyah Pagaralam, Indonesia
  • Helni Indrayati STKIP Muhammadiyah Pagaralam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.85370

Keywords:

Pengembangan media, Software Articulate Storyline 3, Luas lingkaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan dari produk media pembelajaran yang interaktif pada materi luas lingkaran yang dikembangkan dengan menggunakan Software Articulate Storyline 3. Model yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan siswa, lembar angket validasi kepada validator ahli (ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa), dan lembar angket respon kepada guru dan siswa. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor persentase validator ahli media sebesar 87,5% kategori sangat valid, rata-rata skor persentase validator ahli materi sebesar 80% kategori sangat valid, dan rata-rata skor persentase validator ahli bahasa 90% kategori sangat valid, serta rata-rata skor persentase dari respon guru dan siswa masing-masing sebesar 95% dan 86,3% dengan kategori sangat praktis. Produk pengembangan media pembelajaran ini telah memenuhi kriteria valid dan praktis karena dari segi isi materi ditampilkan lebih interaktif sehingga siswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam. Oleh karena itu, media tersebut layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang baru bagi siswa.

Author Biographies

Handika, STKIP Muhammadiyah Pagaralam

Merupakan mahasiswa semester akhir program studi Pendidikan Matematika di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Pagaralam. Ia dapat dihubungi melalui email: andyandyka603@gmail.com

Widiawati, STKIP Muhammadiyah Pagaralam

Merupakan dosen aktif dan ketua program studi Pendidikan Matematika di STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Riwayat pendidikan S1 di Universitas PGRI Palembang  dan pendidikan S2  Pendidikan Matematika di Universitas Sriwijaya. Beliau dapat dihubungi melalui alamat email: widiawati141@gmail.com

Indah Widyaningrum, STKIP Muhammadiyah Pagaralam

Merupakan dosen aktif dan Waka Bidang Kemahasiswaan di STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Riwayat pendidikan yaitu menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Sriwijaya dan pendidikan S2  Pendidikan Matematika di Universitas Sriwijaya. Beliau dapat dihubungi melalui alamat email: indahwidyaningrum14@gmail.com

Helni Indrayati, STKIP Muhammadiyah Pagaralam

Merupakan dosen aktif dan sekretaris program studi Pendidikan Matematika di STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Riwayat pendidikan yaitu menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas PGRI Palembang dan pendidikan S2  Pendidikan Matematika di Universitas Sriwijaya yang lulus pada tahun 2017. Beliau dapat dihubungi melalui alamat email: helniindrayati@gmail.com

References

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Cahyaningsih, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran I-CIRCLE (Interactive Circle) untuk siswa SMP kelas VIII semester II pada materi lingkaran [Universitas Negeri Yogyakarta]. In Procedia Manufacturing. https://eprints.uny.ac.id/13244/1/SKRIPSI ALFYANTI C %2810301241036%29.pdf

Elvionica, E. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika berbasis android berbantuan software Articulate Storyline 3. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Dan Ilmu Pendidikan [JIMEDU], 4(2), 97–103. http://repositori.unsil.ac.id/5724/

Fariz, R., & Dewi, N. R. (2022). Kajian Teori: Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 pada model preprospec berbantuan TIK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 5, 304–310. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Fatahillah, A., Yafi, M. A., Monalisa, L. A., Hussen, S., & Wiharjo, E. (2023). Pengembangan media pembelajaran matematika materi persamaan lingkaran berbasis discovery based learning berbantuan Geogebra Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 43–54. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2643

Gafur, M. A., Ismaimuza, D., & Puluhulawa, I. (2016). Hubungan sudut pusat dengan panjang busur dan luas lingkaran pada kelas VIII SMP Negeri 10 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3, 427–439.

Husna, M. N. (2022). Tutorial pembuatan media aplikasi Articulate Storyline 3 untuk pembelajaran di SD. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 41–48.

Jubaerudin, J. M., Supratman, S., & Santika, S. (2021). Pengembangan media interaktif berbasis android berbantuan articulate storyline 3 pada pembelajaran matematika di masa pandemi. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 178–189. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/3191

Khamaludin, K., & Wachid, A. (2021). Pengembangan epistemologi positivisme dalam memahami konsep menghitung keliling dan luas lingkaran di Mi Muhammadiyah Kebutuh Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 224–235. https://doi.org/10.58258/jime.v7i2.2055

Kurniasih, E. (2021). Implementasi model IDEAL problem solving berbantuan media “Beko” untuk meningkatkan prestasi belajar materi keliling dan luas lingkaran siswa kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(1), 53. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i1.9540

Lestari, A. P., Hasbi, M., & Lefrida, R. (2016). Analisi kesalahan siswa kelas IX dalam menyelesaikan soal cerita keliling dan luas lingkaran di SMP Al-Azhar Palu. Untad, 3(2014). https://www.jurnalfkipuntad.com/index.php/jpmt/article/view/294/310

Manalu, A. C. S., Manalu, S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa SMP kelas IX dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179

Melinda, A., Laurens, T., & Huwaa, N. C. (2020). Analisis kesulitan menyelesaiakan soal lingkaran pada siswa kelas VIII MTs Al Khairaat Ambon. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i1.p21-29

Mujab, S., Rosa, A. T. R., & Gumelar, W. S. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 99–107.

Mustaghisa, A., & Chandra, T. D. (2024). Analisis kesalahan siswa berdasarkan teori Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), 1122 - 1145., 4(September 2024), 1122–1145. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i3.2025

Nisa Maghfiroh, A., Muhammad Ferelian El Hilaly Daksana, & Nikhlatus Salma, S. (2024). Efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.429

Nugraheni, D. S. (2022). Pengembangan E-LKPD matematika pada materi pengukuran kelas III SD Negeri Gebangsari 01 [Universitas Islam Sultan Agung]. https://repository.unissula.ac.id/27105/1/34301700044_fullpdf.pdf

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan media dalam pembelajaran Matematika dan manfaatnya di sekolah dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Putri, Nn. L. N. A., Sarjana, K., Hikmah, N., & Sripatmi, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran untuk siswa SMP. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 304–310.

Rachmawati, D. N., Kurnia, I., & Laila, A. (2023). Multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 sebagai alternatif media pembelajaran materi karakteristik Geografis Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 106–121. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.22316

Robiyanto, Hidayat, E., & Santika, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi lingkaran berbantuan Adobe Animate 2020. Jurnal Kongruen, 2(1), 48–54. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/kongruen

Siregar, H. M. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis materi lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 497–507. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2379

Somba, G. T. M., Maukar, M. G., & Sulistyaningsih, M. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada pembelajaran Matematika materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 743–751. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4026

Sule, S. M., Ismail, S., & ... (2024). Pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbantuan android terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa. … Edukasi Matematika Dan …, 12(1), 46–53. https://doi.org/10.25273/jems.v12i1.17464

Suryaningrum, I. D., Sunismi, & Alifiani. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis smartphone menggunakan Articulate Storyline 3 pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP. Jurnal Penelitin, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(28), 1–13. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/21886

Umami, I. N., & Asdarina, O. (2024). Analisis level berpikir geometris siswa SMP dalam menyelesaikan soal lingkaran berdasarkan teori Van Hiele. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 460–471. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1554

Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Zhuhuri, M. A. N., Sujinah, S., Fatin, I., Haryanti, T., & Suoriyanto, E. (2023). Validitas video pembelajaran teks deskripsi “wisata religi Suroboyo” fase D. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 455. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1192

Downloads

Published

2025-06-12

How to Cite

Handika, Widiawati, Widyaningrum, I., & Indrayati, H. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Software Articulate Storyline 3 pada Materi Luas Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(2), 242–252. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.85370

Citation Check