Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Software Articulate Storyline 3 pada Materi Luas Lingkaran
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13i2.85370Keywords:
Pengembangan media, Software Articulate Storyline 3, Luas lingkaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan dari produk media pembelajaran yang interaktif pada materi luas lingkaran yang dikembangkan dengan menggunakan Software Articulate Storyline 3. Model yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan siswa, lembar angket validasi kepada validator ahli (ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa), dan lembar angket respon kepada guru dan siswa. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor persentase validator ahli media sebesar 87,5% kategori sangat valid, rata-rata skor persentase validator ahli materi sebesar 80% kategori sangat valid, dan rata-rata skor persentase validator ahli bahasa 90% kategori sangat valid, serta rata-rata skor persentase dari respon guru dan siswa masing-masing sebesar 95% dan 86,3% dengan kategori sangat praktis. Produk pengembangan media pembelajaran ini telah memenuhi kriteria valid dan praktis karena dari segi isi materi ditampilkan lebih interaktif sehingga siswa memiliki pemahaman yang lebih mendalam. Oleh karena itu, media tersebut layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang baru bagi siswa.
References
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Cahyaningsih, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran I-CIRCLE (Interactive Circle) untuk siswa SMP kelas VIII semester II pada materi lingkaran [Universitas Negeri Yogyakarta]. In Procedia Manufacturing. https://eprints.uny.ac.id/13244/1/SKRIPSI ALFYANTI C %2810301241036%29.pdf
Elvionica, E. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika berbasis android berbantuan software Articulate Storyline 3. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Dan Ilmu Pendidikan [JIMEDU], 4(2), 97–103. http://repositori.unsil.ac.id/5724/
Fariz, R., & Dewi, N. R. (2022). Kajian Teori: Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 pada model preprospec berbantuan TIK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 5, 304–310. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Fatahillah, A., Yafi, M. A., Monalisa, L. A., Hussen, S., & Wiharjo, E. (2023). Pengembangan media pembelajaran matematika materi persamaan lingkaran berbasis discovery based learning berbantuan Geogebra Classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 43–54. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2643
Gafur, M. A., Ismaimuza, D., & Puluhulawa, I. (2016). Hubungan sudut pusat dengan panjang busur dan luas lingkaran pada kelas VIII SMP Negeri 10 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3, 427–439.
Husna, M. N. (2022). Tutorial pembuatan media aplikasi Articulate Storyline 3 untuk pembelajaran di SD. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 41–48.
Jubaerudin, J. M., Supratman, S., & Santika, S. (2021). Pengembangan media interaktif berbasis android berbantuan articulate storyline 3 pada pembelajaran matematika di masa pandemi. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 178–189. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/3191
Khamaludin, K., & Wachid, A. (2021). Pengembangan epistemologi positivisme dalam memahami konsep menghitung keliling dan luas lingkaran di Mi Muhammadiyah Kebutuh Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 224–235. https://doi.org/10.58258/jime.v7i2.2055
Kurniasih, E. (2021). Implementasi model IDEAL problem solving berbantuan media “Beko” untuk meningkatkan prestasi belajar materi keliling dan luas lingkaran siswa kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(1), 53. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i1.9540
Lestari, A. P., Hasbi, M., & Lefrida, R. (2016). Analisi kesalahan siswa kelas IX dalam menyelesaikan soal cerita keliling dan luas lingkaran di SMP Al-Azhar Palu. Untad, 3(2014). https://www.jurnalfkipuntad.com/index.php/jpmt/article/view/294/310
Manalu, A. C. S., Manalu, S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa SMP kelas IX dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179
Melinda, A., Laurens, T., & Huwaa, N. C. (2020). Analisis kesulitan menyelesaiakan soal lingkaran pada siswa kelas VIII MTs Al Khairaat Ambon. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v1.i1.p21-29
Mujab, S., Rosa, A. T. R., & Gumelar, W. S. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 99–107.
Mustaghisa, A., & Chandra, T. D. (2024). Analisis kesalahan siswa berdasarkan teori Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3), 1122 - 1145., 4(September 2024), 1122–1145. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i3.2025
Nisa Maghfiroh, A., Muhammad Ferelian El Hilaly Daksana, & Nikhlatus Salma, S. (2024). Efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.429
Nugraheni, D. S. (2022). Pengembangan E-LKPD matematika pada materi pengukuran kelas III SD Negeri Gebangsari 01 [Universitas Islam Sultan Agung]. https://repository.unissula.ac.id/27105/1/34301700044_fullpdf.pdf
Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan media dalam pembelajaran Matematika dan manfaatnya di sekolah dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Putri, Nn. L. N. A., Sarjana, K., Hikmah, N., & Sripatmi, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran untuk siswa SMP. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 304–310.
Rachmawati, D. N., Kurnia, I., & Laila, A. (2023). Multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 sebagai alternatif media pembelajaran materi karakteristik Geografis Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 106–121. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.22316
Robiyanto, Hidayat, E., & Santika, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi lingkaran berbantuan Adobe Animate 2020. Jurnal Kongruen, 2(1), 48–54. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/kongruen
Siregar, H. M. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis materi lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 497–507. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2379
Somba, G. T. M., Maukar, M. G., & Sulistyaningsih, M. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada pembelajaran Matematika materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 743–751. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4026
Sule, S. M., Ismail, S., & ... (2024). Pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbantuan android terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa. … Edukasi Matematika Dan …, 12(1), 46–53. https://doi.org/10.25273/jems.v12i1.17464
Suryaningrum, I. D., Sunismi, & Alifiani. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis smartphone menggunakan Articulate Storyline 3 pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP. Jurnal Penelitin, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(28), 1–13. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/21886
Umami, I. N., & Asdarina, O. (2024). Analisis level berpikir geometris siswa SMP dalam menyelesaikan soal lingkaran berdasarkan teori Van Hiele. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 460–471. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1554
Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Zhuhuri, M. A. N., Sujinah, S., Fatin, I., Haryanti, T., & Suoriyanto, E. (2023). Validitas video pembelajaran teks deskripsi “wisata religi Suroboyo” fase D. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 455. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1192
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.