Efektivitas Pendekatan Kontekstual Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Yeni Endah Risdiana STKIP Modern Ngawi
  • Budi Sasomo STKIP Modern Ngawi
  • Anwas Mashuri STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84578

Keywords:

Hasil belajar, Kearifan lokal, Pendekatan kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pendekatan kontekstual bermuatan kearifan lokal  terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimen dengan posttest-only control group desain. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas VIII di salah satu SMPN di Karangjati. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan kontekstual berdistribusi normal atau tidak, dilakukan uji normalitas menggunakan metode Liliefors.  Uji homogenitas menggunakan uji Fisher dengan taraf signifikan α = 0.05. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t meliputi uji kesamaan rata-rata pada kelas eksperimen. Dari perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh t hitung = 6.202, dan t tabel = 1.670, maka t hitung > t tabel sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual bermuatan kearifan lokal lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII.

References

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2021). Faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada materi perbandingan dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 311–320. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.868

Asri, M. (2022). Efektivitas penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas Xl SMA Negeri 2 Makasar. SAINTIFIK, 8(2), 103–107. https://doi.org/10.31605/saintifik.v8i2.373

Barita, T., Angin, B., Sandi, D. M., Ahmad, M., Lubis, I. S., Artikel, I., Ajar, K. B., Kontekstual, P., Lokal, K., Menulis, K., & Education, J. (2025). Kepratisan buku ajar kontekstual berbasis kearifan lokal : studi pengembangan produk untuk mengembangkan kreativitas menulis. Jurnal Education dan Development 13(1), 266–275. https://doi.org/10.37081/ed.vl3il.6564

Efanti, A.N., Noer, S.H., & Triana, M. (2025). Pengaruh model pembelajaran react terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 13(1), 77–86. https://dx.doi.org/10.21831/jpms.v13i1.82858

Era Fazira, R. (2024). Pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal budaya Aceh pada materi barisan aritmatika Kelas X. 7(1), 73–82.

Fitria, N., & Darwis, M. (2024). Pengaruh metode pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis teknologi terhadap pemahaman materi PAI di SMPN 1 Randuagung. Kitabaca : Journal of Islamic Studies, 1(1), 51–63. https://ejournal.kitabaca.id/index.php/kitabaca/article/view/5

Imswatama, A. (2023). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis Rme dengan konteks kearifan lokal pada materi bangun datar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2568. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7043

Jasmine, K. (2024). Efektivitas pendekatan pembelajaran kontekstual dan ekspositori di tinjau dari hasil belajar siswa kelas VII Di SMP Luqman AL Hakim Surabaya Zainal, 8(1), 140–149.

Kasus, S., Di, U., & Jepara, K. (2024). Journal of Management and Innovation Entrepreunership (JMIE). 1(2), 276–286.

Kh, S., Ali, M., Tulungagung, S., Sayyid, U. I. N., Rahmatullah, A. L. I., Kh, S., Ali, M., & Tulungagung, S. (2022). Integrasi nilai-nilai islam dan kearifan lokal dalam pengembangan. 56–67.

Lestari, A. P., Kusumaningrum, D. S., Nurapriani, F., Buana, U., Karawang, P., Artikel, I., Datar, B., & Sunda, R. T. (2024). Integrasi Etnomatematika dalam pembelajaran bangun datar segi empat berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman matematika. 4(2), 161–171.

Lusiana, L. (2018). Integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan contekstual learning. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(3), 376–386. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2171

Matematis, P. (2025). Pengaruh model case based learning terhadap. 8, 130–138.

Mawarini, D., Cahyadi, F., & Rahmawati, I. (2022). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa materi bangun ruang kubus dan balok kelas V. Wawasan Pendidikan, 2(2), 459–468. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.9885

Ningsih, N., & Fadilah, Y. (2023). Peningkatan hasil belajar matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi pecahan di kelas 3 MI Nurul Huda. As-Sabiqun, 5(1), 248–261. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i1.2739

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Nuryana, A., Hernawan, A., & Hambali, A. (2021). Perbedaan pendekatan kontekstual dengan pendekatan tradisioal dan penerapannya di kelas (Analisis Pendekatan Pembelajaran PAI). Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 39–49. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.10544

Pradnyandari, P. R., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2024). E-LKPD Interaktif pada materi bangun datar kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Etnomatematika Jajanan Pasar. 5, 353–364.

Rahmadani, A., Wandini, R. R., Dewi, A., Zairima, E., & Putri, T. D. (2023). Upaya meningkatkan berpikir kritis dan mengefektifkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 427–433. https://doi.org/10.56832/edu.v2i1.167

Riza Nurakmalia. (2021). Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa SMA Negeri 2 Dewantara melalui model problem based learning. S1 thesis, Universitas Malikussaleh. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.

Rukman, V. R., & Samsudin, A. (2022). Pengembangan bahan ajar modul berbasis pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi canva materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa selas VIII Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 133–141. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11757

Sa’diah, H., Karim, K., & Suryaningsih, Y. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran matematika SMP. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(2), 54. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i2.4097

Septiani, A. H., Bernard, M., Kadarisma, G., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2022). Upaya Meningkatkan hasil belajar siswa Smk pada materi logika matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 789–796. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.789-796

Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. (2021). Model pembelajaran kontekstual meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 85–91. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.14286

Shofia Sa, L., & Salim Nahdi, D. (2023). Model Pembelajaran kontekstual untuk membantu pemecahan masalah matematis. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 1–7.

Suhendra, S. (2016). Pengembangan bahan ajar sistem persamaan linear dengan microsoft excel. Jon Edu, 3 No. 1(081367226195), 14–19.

Sulistyawati, E. (2018). Pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 77–89. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.962

Taufik, A. N., Kristina, H., Gibran, B. F., Sabililah, A., Septiani, S., Warraihanah, D. A., Nurmalia, L., Syofiarni, S., Risalah, O. T. (2023). Pengembangan e-book kontekstual berorientasi kearifan lokal Banten untuk siswa smp. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1095–1104. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1251

Tilari, A. G., Firmansyah, F. A., & Cipta, E. S. (2024). Pengaruh model project-based learning berbantuan geogebra terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar di madrasah ibtidaiyah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 385–396. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.18105

Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651

Wati, E., & Wijaya, A. P. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Komik dengan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Application of Comic Media with the Discovery Learning Model on Critical Thinking Skills. 13(1), 114–123.

Widiyasari, R., Astriyani, A., & Purwoko, R. Y. (2023). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis kearifan lokal dengan pendekatan PMRI. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Yanto, M., Enawati, E., Junanto, T., Sahputra, R., Ulfah, M., Studi, P., Kimia, P., Tanjungpura, U., & Lokal, K. (2025). Kearifan lokal dengan pendekatan kontekstual pada. 7(1), 75–86.

Yasin, F. N. (2023). Model Pembelajaran Konstektual Berbasis Budaya Lokal terhadap Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 366–380.

Downloads

Published

2025-05-09

How to Cite

Risdiana, Y. E., Sasomo, B., & Mashuri, A. (2025). Efektivitas Pendekatan Kontekstual Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(1), 140–148. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84578