Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Trigonometri Analitik dengan Pendekatan Kurikulum Merdeka

Authors

  • Alim Nur Khafidh Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Supardi Uki Sajiman Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84497

Keywords:

Berpikir Kritis, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berbasis Proyek, Trigonometri Analitik, Keterampilan Abad 21

Abstract

Peningkatan keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu tujuan utama dalam pendidikan, terutama dalam penerapan kurikulum merdeka. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran trigonometri analitik dalam membangun keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti jurnal yang relevan. Analisis dilakukan melalui sintesis informasi untuk menggali hubungan antara trigonometri analitik dan keterampilan berpikir kritis melalui kurikulum merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trigonometri analitik efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis dan analitis siswa. Kesimpulannya, penerapan trigonometri analitik dalam kurikulum merdeka dapat memperkuat keterampilan berpikir kritis, yang penting untuk kesuksesan akademik dan kehidupan sehari-hari. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan pendekatan implementasi yang lebih aplikatif.

References

Amrullah, K., & Suwarjo, S. (2018). The effectiveness of the cooperative problem-based learning in improving the elementary school students' critical thinking skills and interpersonal intelligence. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.11253

Andrade, H. (2000). Article in Educational leadership: journal of the Department of Supervision and Curriculum Development. 57(5). https://www.ascd.org/el/articles/using-rubrics-to-promote-thinking-and-learning

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: skills for the future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. International Journal of Phytoremediation, 21(1), 7–74. https://doi.org/10.1080/0969595980050102

BPS. (2021). Statistik pendidikan 2021 (R. Sinang, Y. Rachmawati, A. S. Mustari, & I. Maylasari, Eds.). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/publication/2021/11/26/d077e67ada9a93c99131bcde/statistik-pendidikan-2021.html?utm_source=chatgpt.com

Facione, P. A. (2016). Critical thingking:a statement of expert consensus for purpopse of educational assessment and instruction. https://philarchive.org/rec/FACCTA?utm_source=chatgpt.com

Gokhale, A. A. (1995). Collaborative learning enhances critical thinking. Journal of Technology Education, 7(1). https://doi.org/10.21061/jte.v7i1.a.2

Hattie, John., & Clarke, Shirley. (2019). Visible learning : feedback. Routledge, Taylor & Francis Group.

Hendaryono, S. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika materi perbandingan trigonometri dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas X MA Nurul Cholil Bangkalan. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 245–256. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.230

Hidayati, N. N., Aini, L. N., Novianty, A., Astutuningsih, T., & Manurung, T. B. (2020). MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Metode Infografis dalam Trigonometri Melalui Pembelajaran Daring Quizizz untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XI. Trisia Br, 1(2), 71–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31002/mathlocus.v1i2.1172

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An educational psychology success story: Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Researcher, 38(5), 365–379. https://doi.org/10.3102/0013189X09339057

Kuhlthau, C. C. (2021). Guided Inquiry: Learning in the 21 st Century. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29173/iasl7647

Nurfauziah, P., Triyana, V., & Sari, A. (2018). Penerapan bahan ajar trigonometri dengan model matematika knisley untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematik. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(3), 356–362. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/1551/pdf

Risah, Y., & Sutirna. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas dilihat dari hasil belajar pada materi trigonometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Safinatun Najaah, L. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) analysis of junior high school students' critical thinking and collaboration skills. Jurnal JARLITBANG Pendidikan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.59344/jarlitbang.v7i2.64

Sandoval-Hernández, A., Isac, M. M., & Miranda, D. (2018). Teaching Tolerance in a Globalized World (Vol. 4). Springer International Publishing AG. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-319-78692-6

Schí¶n, D. A. (1983). The Reflective Practitioner. https://pdfroom.com/books/the-reflective-practitioner-how-professionals-think-in-action/KkM5r6WD5E3

Schwab, K., & Zahidi, S. (2020). The Future of Jobs Report 2020. https://www.weforum.org/publications/the-future-of-jobs-report-2020/?utm_source=chatgpt.com

See, Y. G., Rashid, A. M., & Bakar, A. R. (2015). The effect of project based learning on level of content knowledge of pre-vocational subject. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(6). https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n6s4p369

Slavin, R. E., Hurley, E. A., & Chamberlain, A. (2003). Cooperative Learning and Achievement: Theory and Research. In Handbook of Psychology (pp. 177–198). Wiley. https://doi.org/10.1002/0471264385.wei0709

Tri Lestiana, H., Nur, S., & Toheri. (2022). Promoting students' critical thinking skill through stem-based learning on trigonometry. Al Khawarizmi, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22373/jppm.v6i2.15482

Wiggins, G., & Mctighe, J. (2005). Association for Supervision and Curriculum Development Expanded 2nd Edition (2nd ed.). www.ascd.org

Yusrina, M. L., Inganah, S., Rizky, O., & Putri, U. (2020). Analysis of the level of understanding concepts and critical thinking ability of students in resolving trigonomic equations using graphs. Mathematics Education Journals, 4(1), 2579–5260. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/mej.v4i1.11472

Zamjani, I., Solihin, L., Nuraini, F., Azizah, S. N., Rachmat, H., K., B. G., Rakhmah, D. N., Purnama, J., Pratama, J. A., Wicaksono, E., Samosir, I., & Rahmadanty, P. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik. PSKP. https://pskp.kemdikbud.go.id/

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Khafidh, A. N., & Sajiman, S. U. (2025). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Trigonometri Analitik dengan Pendekatan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(1), 124–131. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84497