Optimasi Penggunaan Laboratorium IPA di SMP: Evaluasi Ketersediaan Sarana Prasarana Laboratorium dan Kualitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.84339Keywords:
Kualitas Pembelajaran, Laboratorium IPA, Sarana PrasaranaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketersediaan sarana dan prasarana laboratorium IPA serta dampaknya terhadap kualitas pembelajaran di salah satu SMP Negeri di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan teknik purposive sampling untuk menentukan subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan guru IPA, laboran, dan peserta didik, serta analisis dokumen kebijakan sekolah. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menerapkan triangulasi sumber dan teknik guna menjaga validitas hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan laboratorium IPA masih belum optimal karena keterbatasan alat, minimnya pemeliharaan, serta kurangnya integrasi praktikum dalam pembelajaran. Faktor latar belakang akademik guru juga memengaruhi rendahnya pelaksanaan eksperimen, terutama dalam mata pelajaran fisika. Optimalisasi laboratorium IPA memerlukan peningkatan pelatihan bagi guru, pengelolaan laboratorium yang lebih efektif, serta integrasi praktikum dalam kurikulum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sains di SMPReferences
Agustina, M. (2018). The Role of the Natural Science Laboratory (IPA) in Science Learning Madrasah Ibtidaiyah MI/SD (In Indonesian). At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–10.
Ahdila, A. I., Masykuri, M., & Hastuti, D. B. (2022). Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Dalam Pembelajaran Kimia Di Sma Negei 2 Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2), 205–210. https://doi.org/10.20961/jpkim.v11i2.63552
Aprilia, S., Nur Wulandari, S., Dwi Agustina, K., Nurul Fitriyah Sulaeman, D., Studi Pendidikan Fisika, P., & Mulawarman, U. (2024). Mengeksplorasi Dampak Ketersediaan Peralatan pada Pelaksanaan Praktikum Fisika di Laboratorium SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 5(1), 49–58. http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF
Barnawi, & Arifin, M. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Ar-Ruzz Media.
Creswell. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Approaches 5th Edition. In Writing Center Talk over Time. Sage Publications. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Ekasriadi, I. (2024). Inovasi Pembelajaran Bahasa : Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Metode Cbl Dan Pjbl. Pedalitra, 4(1), 408–426.
Fathonah, A. R., Auliyani, D. S., Yunisa, I., Rasmuni, O. E., Najmiatusalwa, S. A., & Rizkyanfi, M. W. (2023). Kesehatan, keselamatan, dan pendidikan karakter: kunci keberhasilan dalam praktikum di laboratorium kimia. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(4), 325–332.
Ghozali, I. (2017). Pendekatan Scientific Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(01), 1–13.
Gusnani, Y., Chiar, M., & Sukmawati. (2018). Pengelolaan Laboratorium IPA di Madrasah Tsanawiyah. International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 2, 135–141. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/icote/article/view/33951
Hamdani M., Prayitno B. A., & Karyanto P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(Kartimi), 139–145.
Hartinah, S., Farhiati, E., & Apriani, D. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Pemanfaatan Sarana Laboratorium, dan Komitmen terhadap Kinerja Guru IPA SMP. Journal of Education Research, 4(4), 2320–2326.
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep,Teknik, & Prosedur Analisis).
Hasibuan, V. U., & Yani, F. (2024). Analisis Keterampilan Proses Sains Berbasis Praktikum di Universitas Haji Sumatera Utara. 4, 94–102.
Ika, I., Nisa, K., Riyandi, I. I., & Laffanillah, F. (2024). Pendidikan Holistik dalam Merangkul Spiritualitas dan Pengetahuan Empiris. 3.
Jamaluddin, N. S., Jumadi, O., & Hartono, H. (2023). Ketersediaan Prasarana Laboratorium Biologi Di SMAN 6 Wajo. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM: Inovasi Sains Dan Pembelajarannya: Tantangan Dan Peluang, 599–607.
Klave, S., & Brinkmann, S. (2009). InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing. Sage Publications.
Kurniawati, D., & Widodo, W. (2023). Analisis Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran IPA SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 465–472. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1029
Lestari, W., Surtikanti, H., Rahman, T., & Riandi, R. (2025). Analisis Ketersediaan dan Standarisasi Sarana Prasarana Laboratorium IPA dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 15(3), 194–203. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2471
Mamin, R. (2017). Inventarisasi Alat Dan Bahan Laboratorium Ipa Dengan Fitur Quick Response Code (Qr Code). Jurnal IPA Terpadu, 1(1), 95–105. http://ojs.unm.ac.id/index.php/ipaterpadu
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.
Nahsrullah, M. R., Tulasmi, T., & Yuniawan, R. (2020). Pengaruh Fasilitas Laboratorium Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam UII. El-Tarbawi, 13(2), 175–192. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol13.iss2.art4
Nurhayati, N. (2022). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Ipa Dalam. Jurnal Literasiologi Nurhayati, 144(1).
Prayunisa, F., & Marzuki, A. D. (2024). Analisis Kesulitan Dalam Pelaksanaan Praktikum Ipa Sd Dan Ipa Terpadu Smp. Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 17–23. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/nusra.v5i4.3085
Rahman, D., Adlim, & Mustanir. (2015). Analisis Kendala Dan Alternatif Solusi Terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia Pada Slta Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(02), 1–13. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Riyanto, A., & Susanti, R. (2023). Hambatan dan Solusi Pelaksanaan Praktikum IPA ( Studi kasus di SMP Negeri 3 Purwantoro Kabupaten Wonogiri ). September, 224–235.
Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 176–182. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.310
Shulkhah, S. (2020). Penggunaan Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa di MIN Yogyakarta 2. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.39
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukmana, N., & Langlangbuana, U. (2024). Peran Pendidikan Dalam Menyongsong Bonus Demografi Menuju Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Darma Agung, 32(5), 306–316. https://doi.org/https://dx.doi.org.10.46930/ojsuda.v32i5.4825 P-ISSN:0852-7296
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.