Pengaruh Penyediaan Bacaan Berbentuk Refutation Text untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Tentang Konsep Asam Basa di Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7166Keywords:
efektifitas, remediasi, miskonsepsi, refutation text, konsep asam basaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas remediasi menggunakan bacaan berbentuk refutation text untuk mereduksi miskonsepsi siswa tentang konsep asam basa di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pontianak tahun ajaran 2010/2011. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Pre-Eksperimental Design) dengan rancangan One-Group Pre-Test Post-test. Data diambil dari seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 114 siswa dengan teknik sampling jenuh. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostik berupa pilihan ganda dengan tiga alternatif jawaban dan tiga alternatif alasan yang terdiri atas 10 butir soal. Berdasarkan analisis data, terjadi penurunan rata-rata persentase miskonsepsi siswa untuk ketiga kelas yaitu 31,7% (XI IPA1), 43,7% (XI IPA2), dan 35,9% (XI IPA3). Rata-rata penurunan persentase miskonsepsi siswa tersebut tersebar pada 10 konsep. Perubahan konseptual dianalisis dengan menggunakan uji statistik Mc Nemar (db=1, α=5%) dan uji Binomial (α=1%). Terdapat penurunan miskonsepsi siswa secara signifikan sebanyak 5 konsep (XI IPA1) dan 7 konsep (XI IPA2 dan XI IPA3) setelah remediasi. Nilai effect size diperoleh sebesar 2,03 (XI IPA1), 4,74 (XI IPA2), dan 3,17 (XI IPA3) sehingga remediasi memberikan kontribusi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 47,88% (XI IPA1), 50% (XI IPA2), dan 49,92% (XI IPA3). Remediasi miskonsepsi siswa menggunakan bacaan berbentuk refutation text, efektif untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada konsep asam basa.
Kata kunci: efektifitas, remediasi, miskonsepsi, refutation text, konsep asam basa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.