Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang

Allifia Nur Chasanah, Abdur Rahman As’ari, I Made Sulandra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang. Penelitian kualitatif ini dilakukan menggunakan metode deskriptif. Partisipan yaitu siswa kelas VIII di salah satu MTsN di Ponorogo yang dipilih melalui pertimbangan hasil tes dan tanggapan guru. Instrumen terdiri dari soal pemecahan masalah, pedoman wawancara, dan angket yang di validasi. Tes yang dikerjakan siswa diberi skor dan dilakukan analisis terhadap kesalahan jawaban. Angket digunakan untuk memperoleh informasi tentang tanggapan siswa dalam menyelesaikan masalah. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa masih kesulitan mengerjakan soal cerita bangun ruang. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dapat mengerjakan soal dengan benar. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi juga dapat menjelaskan pemahamannya terkait soal dengan baik. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sedang mampu mengerjakan soal tes baik, namun dalam pengerjaannya mengalami kesalahan dalam menafsirkan informasi sehingga menyebabkan kesalahan pada penyelesaiannya. Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah cukup mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal tes yang diberikan.

Keywords


pemahaman; pemecahan masalah; soal cerita; bangun ruang

Full Text:

PDF

References


Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Analisis kesalahan siswa kesalahan VIII SMP di Kabupaten Bandung Barat dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan ditinjau dari gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 151-162.

Anggraini, R. R. D., & Hendroanto, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 31-41.

Anwar, R. B., Yuwono, I., As’ari, A. R., & Rahmawati, D. (2016). Mathematical representation by students in building relational understanding on concepts of area and perimeter of rectangle. Educational Research and Reviews, 11(21), 2002-2008.

Atmaja, I. M. D. (2021). Koneksi indikator pemahaman konsep matematika dan keterampilan metakognisi. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2048-2056.

Bahar, E. E., Rahman, A., & Minggi, I. (2012). Analisis pemahaman mahasiswa terhadap konsep limit fungsi di satu titik (Studi kasus pada mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM). Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 181-190.

Cockcroft, W. H. (1982). Mathematics counts. London: HM Stationery Office.

Depdiknas. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah: standar kompetensi dan kompetensi dasar SMA/MA. Jakarta: BSNP.

Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based-learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259.

Fauziah, L. U., Hobri, H., & Oktavianingtyas, E. (2016). Penalaran logis dalam memecahkan masalah matematika pokok bahasan aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Jurnal Edukasi, 3(1), 15-17.

Gravemeijer, K., Stephan, M., Julie, C., Lin, F. L., & Ohtani, M. (2017). What mathematics education may prepare students for the society of the future?. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(1), 105-123.

Hamidy, A., & Jailani, J. (2019). Kemampuan proses matematis siswa Kalimantan Timur dalam menyelesaikan soal matematika model PISA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 133-149.

Harvey, S., & Goudvis, A. (2007). Strategies that work: Teaching comprehension for understanding and engagement. Stenhouse Publishers.

Hidayati, R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat siswa SMK Kesehatan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 93-100.

Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 11-18.

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1), 12-22.

Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), 92-102.

Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian membaca soal cerita terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(2), 179-188.

Marlina, L. (2013). Penerapanlangkah Polya dalam menyelesaikan soal cerita keliling dan luas persegi panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 45-54.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 18-23.

Nurhayati, N. (2013). Penerapan langkah-langkah Polya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita himpunan di kelas VII SMP Nasional Wani. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 9-16.

Özsoy, G., Kuruyer, H. G., & Çakıroğlu, A. (2015). Evaluation of students’ mathematical problem solving skills in relation to their reading levels. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 113-132.

Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI dalam pembelajaran trigonometri berbasis masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1), 34-44.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bangun ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 82-90.

Qomariah, N. (2016). Profil pemahaman siswa SMA dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari perbedaan kepribadian extrovert dan introvert. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 87-85.

Rianti, R. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 802-812.

Ruswana, A. M. (2019). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa melalui pembelajaran kooperatif tipe formulate-share-listen-create (FSLC). Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 91-99.

Sari, P., Bennu, S., & Mallo, B. (2014). Penerapan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi luas permukaan dan volume limas di SMP Negeri 19 Palu. Aksioma, 3(2), 156-169.

Sukaesih, E. S., Indiati, I., & Purwosetiyono, F. D. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam memecahkan masalah kontekstual ditinjau dari komunikasi matematis siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(4), 310-320.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Umam, K. (2015). Pemahaman siswa dalam pemechan masalah matematika berdasarkan gaya belajar divergen. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1) 2477-3581

Widyasari, T. (2018). Pemahaman siswa dalam pemecahan masalah matematika. Cendikia, 2(1), 77-91.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.31642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains


 

 

 

Dimensions AI | The most advanced scientific research database


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. ISSN 1410-1866 (print) | ISSN 2549-1458 (online)

View JPMS Stats

=============================================================================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo