Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.31642Keywords:
pemahaman, pemecahan masalah, soal cerita, bangun ruangAbstract
References
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Analisis kesalahan siswa kesalahan VIII SMP di Kabupaten Bandung Barat dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan ditinjau dari gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 151-162.
Anggraini, R. R. D., & Hendroanto, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 31-41.
Anwar, R. B., Yuwono, I., As'ari, A. R., & Rahmawati, D. (2016). Mathematical representation by students in building relational understanding on concepts of area and perimeter of rectangle. Educational Research and Reviews, 11(21), 2002-2008.
Atmaja, I. M. D. (2021). Koneksi indikator pemahaman konsep matematika dan keterampilan metakognisi. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2048-2056.
Bahar, E. E., Rahman, A., & Minggi, I. (2012). Analisis pemahaman mahasiswa terhadap konsep limit fungsi di satu titik (Studi kasus pada mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM). Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 181-190.
Cockcroft, W. H. (1982). Mathematics counts. London: HM Stationery Office.
Depdiknas. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah: standar kompetensi dan kompetensi dasar SMA/MA. Jakarta: BSNP.
Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based-learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259.
Fauziah, L. U., Hobri, H., & Oktavianingtyas, E. (2016). Penalaran logis dalam memecahkan masalah matematika pokok bahasan aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Jurnal Edukasi, 3(1), 15-17.
Gravemeijer, K., Stephan, M., Julie, C., Lin, F. L., & Ohtani, M. (2017). What mathematics education may prepare students for the society of the future?. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(1), 105-123.
Hamidy, A., & Jailani, J. (2019). Kemampuan proses matematis siswa Kalimantan Timur dalam menyelesaikan soal matematika model PISA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 133-149.
Harvey, S., & Goudvis, A. (2007). Strategies that work: Teaching comprehension for understanding and engagement. Stenhouse Publishers.
Hidayati, R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat siswa SMK Kesehatan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 93-100.
Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 11-18.
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1), 12-22.
Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), 92-102.
Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian membaca soal cerita terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(2), 179-188.
Marlina, L. (2013). Penerapanlangkah Polya dalam menyelesaikan soal cerita keliling dan luas persegi panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 45-54.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 18-23.
Nurhayati, N. (2013). Penerapan langkah-langkah Polya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita himpunan di kelas VII SMP Nasional Wani. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 9-16.
í–zsoy, G., Kuruyer, H. G., & í‡akıroÄŸlu, A. (2015). Evaluation of students' mathematical problem solving skills in relation to their reading levels. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 113-132.
Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI dalam pembelajaran trigonometri berbasis masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1), 34-44.
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bangun ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 82-90.
Qomariah, N. (2016). Profil pemahaman siswa SMA dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari perbedaan kepribadian extrovert dan introvert. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 87-85.
Rianti, R. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 802-812.
Ruswana, A. M. (2019). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa melalui pembelajaran kooperatif tipe formulate-share-listen-create (FSLC). Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 91-99.
Sari, P., Bennu, S., & Mallo, B. (2014). Penerapan metode penemuan terbimbing berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi luas permukaan dan volume limas di SMP Negeri 19 Palu. Aksioma, 3(2), 156-169.
Sukaesih, E. S., Indiati, I., & Purwosetiyono, F. D. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam memecahkan masalah kontekstual ditinjau dari komunikasi matematis siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(4), 310-320.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.
Umam, K. (2015). Pemahaman siswa dalam pemechan masalah matematika berdasarkan gaya belajar divergen. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1) 2477-3581
Widyasari, T. (2018). Pemahaman siswa dalam pemecahan masalah matematika. Cendikia, 2(1), 77-91.
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.