Pengaruh Pembelajaran Kooperatif GI Dan PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Raharjo Raharjo Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.173

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan PBL terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D, yang dilakukan di enam SMPN di Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif pada setiap materi pelajaran, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif investigasi kelompok dengan pembelajaran berdasarkan masalah, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif sebagai pengaruh interaksi antara kategori sekolah dengan jenis materi pelajaran, serta dari interaksi antara jenis model pembelajaran dengan jenis materi pelajaran, (4) hasil belajar kognitif siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik daripada model PBL pada beberapa materi pelajaran, (5) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif sebagai akibat interaksi antara kategori sekolah dengan jenis model pembelajaran, serta akibat interaksi antara model pembelajaran, kategorisasi sekolah, dan jenis materi pelajaran yang dipelajari.

Kata kunci: investigasi kelompok, pengajaran berdasarkan masalah, hasil belajar kognitif

Author Biography

Raharjo Raharjo, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya



Downloads

How to Cite

Raharjo, R. (2010). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif GI Dan PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 14(1), 49–56. https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.173