Pengaruh Pembelajaran Kooperatif GI Dan PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v14i1.173Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan PBL terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D, yang dilakukan di enam SMPN di Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif pada setiap materi pelajaran, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif investigasi kelompok dengan pembelajaran berdasarkan masalah, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif sebagai pengaruh interaksi antara kategori sekolah dengan jenis materi pelajaran, serta dari interaksi antara jenis model pembelajaran dengan jenis materi pelajaran, (4) hasil belajar kognitif siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik daripada model PBL pada beberapa materi pelajaran, (5) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif sebagai akibat interaksi antara kategori sekolah dengan jenis model pembelajaran, serta akibat interaksi antara model pembelajaran, kategorisasi sekolah, dan jenis materi pelajaran yang dipelajari.
Kata kunci: investigasi kelompok, pengajaran berdasarkan masalah, hasil belajar kognitif
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.