Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis CBT dengan Software iSpring QuizMaker pada Materi Kesetimbangan Kimia
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.16709Keywords:
CBT, iSpring QuizMaker, Kesetimbangan kimia, PengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian menggunakan software iSpring QuizMaker pada materi kesetimbangan kimia kelas XI di SMA Negeri 9 Pontianak. Adapun tahap pengembangan instrumen penilaian dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengumpulan data awal; perencanaan; pembuatan produk awal; uji coba awal; perbaikan produk awal; uji coba lapangan, dan perbaikan produk operasional. Hasil analisis menunjukan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan mempunyai nilai hasil validasi sebesar 1 yang terkategori sangat tinggi. Diperoleh nilai r11 sebesar 1,05 yang menunjukkan instrumen hasil pengembangan reliabel dengan kategori sangat tinggi. Kepraktisan ditunjukkan oleh respon positif guru sebesar 82,5% dan siswa sebesar 72,5% yang terkategori sangat kuat. Keefektifan ditunjukkan oleh persentase ketuntasan siswa sebesar 76,9 %,. Berdasarkan analisis kualitas tes, soal diberi tingkat kesulitan berdasarkan proporsi soal yang dibuat. Soal mampu membedakan peserta didik yang sudah menguasai dengan peserta didik yang belum menguasai indeks daya beda pada rentang 0,20≤ DB≤ 0,40.
References
Astuti, W. P., Prasetyo, A.P.B., & Rahayu, E. S. (2012). Pengembangan instrumen asesmen autentik berbasis literasi sains pada materi sistem ekskrresi. Lembar Ilmu Kependidikan (LIK). 41(1), 39-43. Daryanto. (2012). Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Guntoro, H. (2014). Perbandingan implementasi media pembelajaran ispring suite dengan courselab untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam penerapan konsep dasar listrik dan elektronika di SMK. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Prasetyo, W. (2012). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) dengan pendekatan PMR pada materi lingkaran di kelas VIII SMPN 2 Kepohbaru Bojonegoro. MATHEdunesa, 1(1). (Diakses 18 Februari 2016) Rahayu, D., & Azizah, U. (2012). Pengembangan instrumen penilaian kognitif berbasis komputer dengan kombinasi permainan "who wants to be a chemist" pada materi pokok struktur atom untuk kelas X SMA RSBI. Proseding Seminar Nasional Kimia Unesa 2012. 41-50. ISBN : 978-979-028-550-7. Saputri, D., Ashari, & Kurniawan, S. E. (2015). Pengembangan computer based test (CBT) dengan software hot potatoes pada pembelajaran fisika dasar 2 di universitas muhammadiyah purworejo tahun akademik 2014/2015. Radiasi, 7(2), 1-13. Sugiyono, (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sutopo, H. (2009). Pengembangan evaluasi pembelajaran berbasis multimedia dengan flash, PHP, dan MySQL. Jurnal Informatika. 10(2), 79-85. Suyoso, Istiono, E., & Subroto. (2017). Pengembangan instrumen asesmen pengetahuan fisika berbasis komputer untuk meningkatkan kesiapan peserta didik dalam menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(1), 89-97. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v5i1.12461. Wijayanti, S., Fadiawati, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan e-book interaktif kesetimbangan kimia berbasis representasi kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. (Diakses 29 Februari 2016). Yulianti, E., Fadiawati, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan e-book interaktif laju reaksi berbasis representasi kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(2), 105-116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.