Konstruksi Pemahaman Konsep Grafik Fungsi Mahasiswa Bergaya Kognitif Field Independent
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v15i2.12153Abstract
Pada dasarnya setiap individu itu unik. Untuk mencapai suatu pemahaman suatu konsep matematika tertentu, mungkin saja masing-masing individu mempunyai perjalanan yang berbeda. Perbedaan pada cara-cara orang memproses dan memanfaatkan lingkungannya dapat berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Perbedaan ini disebut dengan gaya kognitif (cognitive style). Gaya kognitif yang secara luas dibicarakan dan penting dalam pendidikan, yakni: field-independent (FI) dan field dependent (FD). Menurut teori APOS, seseorang dalam mengkonstruk konsep matematika melalui langkah-langkah Aksi, Proses, Objek, dan Skema. Permasalahan grafik fungsi merupakan salah satu permasalahan yang menarik sebagai objek kajian para peneliti. Bagaimana konstruksi pemahaman konsep grafik fungsi mahasiswa bergaya kognitif field independent berorientasi pada Teori APOS merupakan fokus dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang bersifat kualitatif. Yang menjadi subjek penelitian adalah seorang mahasiswa field independent yang telah mengikuti kuliah kalkulus. Dari hasil penelitian ini subjek penelitian ini sudah kokoh pemahamannya untuk konsep grafik fungsi.
Kata kunci: gaya kognitif, field independent, teori APOS, grafik fungsi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.