Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Listrik Magnet dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Fisika
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i2.25321Keywords:
Media Pembelajaran, Generator Listrik, Motor Listrik, Barang BekasAbstract
Telah dilakukan workshop pembuatan media pembelajaran berupa generator listrik dan motor listrik berbahan dasar barang bekas kepada mahasiswa calon guru fisika. Peserta pelatihan adalah mahasiswa Prodi Tadris Fisika semester V yang merupakan calon guru fisika. Metode yang dilakukan dalam penelitian meliputi sosialisasi, pelaksanaan berupa pemberian materi tentang generator dan motor listrik, pendampingan pembuatan media pembelajaran, presentasi peserta dan evaluasi. Hasil pelatihan berupa media pembelajaran fisika yaitu generator listrik sederhana dan motor listrik. Evaluasi melalui angket menunjukkan bahwa 100% peserta setuju kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat dan 98% pesrta setuju metode kegiatan sudah sesuai. Namun 15 % peserta kurang setuju mengenaia manajemen waktu karena alokasi waktu yang diberikan untuk proses pembuatan media pembelajaran dirasa masih kurang
References
. Septia Wahyuni dan Elfi Rahmadhani. 2019. Pelatihan Penggunaan Cabri 3 D pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dam Pendidikan MIPA. Volume 3 Nomor 1 Halaman 1-3.
. Handayanto, S. K. 2003. Strategi Pembelajaran Fisika. Malang: UM Press
. Bambang Soenarko et al. 2018. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Memanfaatkan Bahan Bekas untuk Guru Sekolah Dasar pada Anggota Gugus 2 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal Abdinus, Vol. 1, No. 2, Hal. 96-106
. Martala Sari, Sari Utami Lestari, dan Raudhah Awal. 2018. Peningkatan Keterampilan Mahasiswa dalam Pengelolaan Sampah Organik untuk Mewujudkan Green Kampus di Universitas Lancang Kuning. Dinamisia – Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2, No. 2, Hal. 193-196
. Eva Mulyani, Ike Natalliasari dan Siska Ryane Muslim. 2018. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Siliwangi, Vol. 4, No. 1, Hal. 80-84
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.