PENILAIAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v9i1.960Abstract
Terdapat empat karakteristik afektif yang penting dalam pembelajaran yaitu: (1)minat, 2) sikap, 3) konsep diri, dan 4) nilai. Penilaian afektif bertujuan: 1) untukmemperoleh informasi minat peserta didik terhadap mata pelajaran Akuntansi yangselanjutnya digunakan untuk meningkatkannya jika ternyata minat peserta didik rendah, 2)untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap mata pelajaran Akuntansi, hasil pengukuransikap berguna untuk menentukan strategi pembelajaran yang tepat untuk peserta didik, 3)untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri, informasi ini dapat digunakan untukmenentukan program yang sebaiknya ditempuh peserta didik untuk menentukan jenjangkarir dan 4) untuk mengungkap nilai individu, informasi yang diperoleh ini berupa nilaiyang positif dan yang negatif, hal-hal yang positif diperkuat dan yang negatif diperlemah danakhirnya dihilangkan. Pengukuran afektif dapat dilakukan dengan angket dan pengamatan.Terdapat sepuluh langkah yang harus diikuti dalam pengembangan instrumen afektif yaitu: 1)menentukan spesifikasi instrumen, 2) menulis instrumen, 3) menentukan skala pengukuran,4) menentukan sistem penskoran, 5) menelaah instrumen, 6) melakukan uji coba, 7)menganalisis instrumen, 8) merakit instrumen, 9) melaksanakan pengukuran, dan 10)menafsirkan hasil pengukuran.Kata kunci: penilaian, afektifDownloads
Published
2011-06-01
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.