ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FISE UNY
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v8i1.942Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahassiwa terhadap layananakademik, kondisi kampus, penasehat akademik, dan kegiatan pengajaranPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program StudiPendidikan Akuntansi yang jumlahnya 659 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah183 mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi yang diambil secara proportionalrandom sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sebelum angketdigunakan untuk mengumpulkan data diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitasinstrumen digunakan analisis faktor dan analisis skor butir dengan skor total.totalBerdasarkan uji validitas instrumen diketahui ada 6 butir pertanyaan yang tidak validkarena koefisien korelasinya kurang dari 0,300. Untuk mengetahui reliabilitasinstrumen digunakan Cronbach Alpha. Hasil uji reliabilitas instrumen dengan CronbachAlpha menunjukkan 0,915 yang berarti tergolong sangat tinggi. Teknik analisis datayang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase.Hasil penelitian menunjukkan (1) sebagian besar (71,58%) mahasiswa ProgramStudi Pendidikan Akuntansi merasa puas terhadap layanan akademik, tidak puassebanyak 26,78 %, sebagian kecil (1,64%) yang merasa sangat puas, dan tidak adamahasiswa yang merasa sangat tidak puas terhadap layanan akademik, (2) sebagianbesar (80,00%) mahasiswa merasa puas terhadap kondisi kampus, 16,94% tidak puas,sebagian kecil merasa sangat puas yaitu sebesar 5,46% dan tidak ada mahasiswa yangmerasa sangat tidak puas terhadap kondisi kampus, (3) sebagian besar (68,30%)mahasiswa Pendidikan Akuntansi puas terhadap penasehat akademik, dan 17,49%sangat puas serta 14,21% tidak puas dan tidak ada mahasiswa yang merasa sangat tidakpuas terhadap penasehat akademik, (4) sebagian besar (78,69%) mahasiswa merasapuas terhadap kegiatan pengajaran, sebesar 16,39% merasa tidak puas, sebesar 4,92%mahasiswa merasa sangat puas, dan tidak ada mahasiswa Program Studi PendidikanAkuntansi yang merasa sangat tidak puas terhadap kegiatanKata kunci: Kepuasan mahasiswa, layanan akademik, kondisi kampus,penasehat akademik, kegiatan pengajaran.Downloads
Published
06/01/2009
How to Cite
Sukanti, S. (2009). ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FISE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i1.942
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.