PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2009 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.923Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Disiplin Belajar terhadapPrestasi Belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2009 FakultasEkonomi Universitas Negeri Yogyakarta., (2) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadapPrestasi Belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2009 FakultasEkonomi Universitas Negeri Yogyakarta, (3) Pengaruh Disiplin Belajar dan LingkunganTeman Sebaya secara besama-sama terhadap Prestasi Belajar mahasiswa Program StudiPendidikan Akuntansi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansiangkatan 2009 dengan jumlah 117 mahasiswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitianpopulasi. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi.Metode kuesioner untuk mengumpulkan data Disiplin Belajar dan Lingkungan TemanSebaya, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui Prestasi Belajar. Uji cobainstrumen ini dilakukan terhadap 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan AkuntansiAngkatan 2008 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, analisis data yangdigunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua sertaanalisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakanpengujian persyaratan analisis meliputi uji linieritas dan multikolinieritas.Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan DisiplinBelajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai thitunglebih besar dari ttabel yaitu: 7,780 > 1,984 dengan koefisien determinasi sebesar 0,345 yangartinya sebesar 34,5% variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar. (2) Terdapat pengaruhpositif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar MahasiswaProgram Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas NegeriYogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 5,097 > 1,984dengan koefisien determinasi sebesar 0,184 yang artinya sebesar 18,4% variabel inimempengaruhi Prestasi Belajar. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Belajardan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar MahasiswaProgram Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas NegeriYogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu: 36,618 > 3,090 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi sebesar 0,391 yang artinya sebesar39,1% kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar. Persamaangaris regresi Y = 0,017X1 + 0,007X2 + 1,866.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.