PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI MENGELOLA DOKUMEN TRANSAKSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK COKROAMINOTO 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.920Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Perhatian Orang Tuaterhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi SiswaKelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran2011/2012, (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi padaKompetensi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian AkuntansiSMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012, (3) Pengaruh Perhatian OrangTua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi padaKompetensi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian AkuntansiSMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Program KeahlianAkuntansi yang berjumlah 61 siswa. Pengumpulan data dengan metode angket dandokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 33 siswa SMK TamanSiswa Banjarnegara untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penelitian.Pengujian persyaratan analisis meliputi uji linearitas dan multikolinieritas. Pengujianhipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan pengujianhipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikanPerhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi MengelolaDokumen Transaksi yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 5,121 p-value = 0,000 <0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 0,308 yang artinya variabel ini mempengaruhiPrestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi sebesar 30,8%,(2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap terhadap PrestasiBelajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi yang ditunjukkandengan nilai thitung sebesar 5,814 p-value = 0,000 < 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar0,364 yang artinya variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi pada KompetensiMengelola Dokumen Transaksi sebesar 36,4% (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikanPerhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi BelajarAkuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi yang ditunjukkan dengan nilaiFhitung lebih besar dari Ftabel yaitu: 23,101 > 3,150 dengan koefisien determinasi sebesar 0,443yang artinya variabel Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksisebesar 44,3%.Downloads
Published
06/01/2012
How to Cite
Isnawati, N., & Setyorini, D. (2012). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI MENGELOLA DOKUMEN TRANSAKSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK COKROAMINOTO 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.920
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.