ANALISIS BUTIR SOAL TES KENDALI MUTU KELAS XII SMA MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2012
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.919Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Tes Kendali Mutu KelasXII SMA mata pelajaran Ekonomi Akuntansi di Kota Yogyakarta Tahun 2012 baik soal seriA, B, C, D, maupun E. Soal-soal tersebut dianalisis berdasarkan tingkat validitas, reliabilitas,tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas penggunaan pengecoh/distractor.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatankuantitatif karena semua data atau informasi yang diperoleh diwujudkan dalam bentuk angkaangkadan dianalisis dengan statistik menggunakan program Item and Test Analysis(ITEMAN). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA program studi IPS diKota Yogyakarta yang diambil berdasarkan kriteria Sekolah Standar Nasional (SSN). Teknikpengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi untuk memperolehdata butir-butir soal, kunci jawaban, dan hasil tes siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan validitas butir soal yang validsebesar 87,5% untuk soal seri A; 95% untuk soal seri B; 75% untuk soal seri C; 82,5% untuksoal seri D; dan 75% untuk soal seri E. (2) Berdasarkan reliabilitas soal, soal tersebutmemiliki koefisien reliabilitas yang tinggi yaitu soal seri A sebesar 0,833; soal seri B sebesar0,843; soal seri C sebesar 0,803; soal seri D sebesar 0,785; dan soal seri E sebesar 0,768. (3)Berdasarkan tingkat kesukaran, soal dengan tingkat kesukaran sedang adalah 62,5% untuksoal seri A; 70% untuk soal seri B; 65% untuk soal seri C; 52,5% untuk soal seri D; dan47,5% untuk soal seri E. (4) Berdasarkan daya pembeda, soal dengan daya pembeda baikyaitu 55% untuk soal seri A; 60% untuk soal seri B; 57,5% untuk soal seri C; 55% untuk soalseri D; dan 57,5% untuk soal seri E. (5) Berdasarkan efektivitas penggunaan distractor, soaldengan distractor yang berkualitas sangat baik sebesar 62,5% untuk soal seri A; 37,5% untuksoal seri B; 40% untuk soal seri C; 50% untuk soal seri D; dan 35% untuk soal seri E.Downloads
Published
06/01/2012
How to Cite
Amalia, A. N., & Widayati, A. (2012). ANALISIS BUTIR SOAL TES KENDALI MUTU KELAS XII SMA MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.919
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.