PENGARUH CARA BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.918Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Cara Belajar terhadapPrestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran2011/2012; (2) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi BelajarAkuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012; (3) PengaruhCara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap PrestasiBelajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif, populasi dalam penelitian iniberjumlah 118 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012, sampelyang digunakan sejumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dandokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan kepada 28 responden. Uji validitas menggunakanrumus koefisien korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumusAlpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas.Teknik analisis data terdiri dari analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Tingkatsignifikansi hasil analisis ditentukan 5%.Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) CaraBelajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa KelasXI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012 dengan ditunjukkan harga rx1y sebesar0,587; r2x1y sebesar 0,345; thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (6,806 >1,987) dan persamaan regresi sederhana Y = 0,508X1 + 48,107; (2) Penggunaan MediaPembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi SiswaKelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012 dengan ditunjukkan harga rx2ysebesar 0,500; r2x2y sebesar 0,250; thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (5,420> 1,987) dan persamaan regresi sederhana Y = 0,404X2 + 55,393; (3) Cara Belajar danPenggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikanterhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran2011/2012 dengan ditunjukkan harga Ry(1,2) sebesar 0,635; R2y(1,2) sebesar 0,404; Fhitung lebihbesar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% (29,461 > 3,101) dan persamaan regresi ganda Y =0,398X1 + 0,225X2 + 42,190. Sumbangan Efektif (SE) sebesar 40,4% dimana sumbanganefektif dari Cara Belajar sebesar 25,97% dan Penggunaan Media Pembelajaran sebesar14,43%.Downloads
Published
11/01/2012
How to Cite
Rohmawati, E. D., & Sukanti, S. (2012). PENGARUH CARA BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.918
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.